Pendidikan Karakter dalam Naskah Puspakerma: Kajian Konstruktivisme Perspektif Lev Vygotsky

Authors

  • Reli Fitriani Universitas Padjadjaran, Bandung
  • Titin Nurhayati Ma'mun Universitas Padjadjaran, Bandung
  • Elis Suryani Universitas Padjadjaran, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.37014/jumantara.v10i1.102

Keywords:

manuskrip, naskah, Puspakerma, pendidikan, karakter, konstruktivisme

Abstract

Penelitian ini mengkaji Naskah Puspakerma. Naskah ini merupakan koleksi Museum Negeri Nusa Tenggara Barat dengan kode koleksi 3392. Naskah ini berisi tentang kisah kerajaan yang sukses dalam memimpin serta sukses  mendidik generasi penerusnya yang berkarakter. Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai wujud fisik dari naskah dan isi yang terkandung dalam naskah tersebut. Teks Naskah Puspakerma berisi tentang pendidikan karakter yang dapat dijadikan pedoman masa kini dalam mendidik anak sehingga memiliki kepribadian yang baik. Hal ini dapat disimpulkan setelah menganalisis menggunakan teori konstruktivisme Lev Vygotsky. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif Apabila dilihat dari aspek objek formal dan objek materialnya, penelitian ini menggunakan metode kajian filologi dan metode penelitian sastra. Naskah Puspakerma dapat memberikan sumbangsih kepada masyarakat luas dalam mencari karakter pemimpin yang patut untuk dijadikan pemimpin dan cara mendidik anak agar mampu menjadi generasi penerus yang berkarakter dan berjiwa pemimpin serta tidak bergantung kepada nama besar orang tuanya.

References

Baried, B. 1994. Pengantar Teori Filologi. Yogyakarta: BPPF.

Catford, J.C. 1965. A Linguistic Theory of Translation. Oxford: Oxford University Press.

Darsa, Undang Ahmad. 2015. Kodikologi: Dinamika Identifikasi, Inventarisasi, dan Dokumentasi Tradisi Pernaskahan Sunda. Jatinangor: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran.

Darsa. Undang Ahmad. 2016. "Metode Penelitian Filologi". Ringkasan Bahan Ajar untuk Mahasiswa Semester 1 Program Studi Filologi Universitas Padjadjaran Tahun 2015/2016.

Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Fathurahman, Oman. 2015. Filologi Indonesia Teori dan Metode. Jakarta: Kencana.

Fathurrahman, Agus. 2014. Belajar Aksara Jejawan. Mataram: Persaudaraan Asah Makna.

Fathurrahman, Agus. 2015. Pengantar Bahasa Kawi. Mataram: Genius.

Hoed, Benny. 2006. Penerjemahan dan Kebudayaan. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Ikhwan. 2018. "Pengantar Analisis Sastra (Objektif)". Ringkasan Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Telaah Sastra dan Seminar Sastra untuk Mahasiswa Prodi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran Tahun 2018.

Ikram, Achadiati. 1997. Filologia Nusantara. Jakarta: Pustaka Jaya.

Kamus Online. Kamus Sanskerta.

Lubis, Nabilah. 2001. Naskah, Teks dan Metode Penelitian Filologi. Jakarta: Yayasan Media Alo Indonesia.

Ma"™mun. 2008. Isra Mi"™raj Nabi Muhammad SAW Naskah Sunda Suntingan Teks dan Kajian Struktur. Bandung: Risalah Press.

Mustadi, Ali. 2017. Implikasi Teori Konstruktivisme Vygotsky dalam Pelaksanaan Model Pembelajaran Tematik Integratif di SD. Yogyakarta: UNY.

Mustadi, dkk. 2017. Implikasi Teori Konstruktivisme Vygotsky dalam Pelaksanaan Model Pembelajaran Tematik Integratif di SD. Jurnal Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Newmark, Peter. 1988. A Textbook of Translation. London: Prentice Hall.

Nurhayati. 1998. Penelitian Naskah. Jurnal Sastra, 1(6), 48-57.

Pawestri, W. (2017). Naskah Sejarah Ragasela: Suntingan Teks dan Analisis Struktural. Tesis. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 2017. Jumantara Jurnal manuskrip Nusantara Vol.8 No, 2 Tahun 2017.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 2018. Jumantara Jurnal manuskrip Nusantara Vol.9 No, 1 Tahun 2018.

Pradotokusumo, Partini Sarjono. 1986. Kakawin Gajah Mada (Sebuah Karya Sastra Kakawin Abad ke-20: Suntingan Naskah serta Telaah Struktur, Tokoh dan Hubungan Antarteks). Bandung: Binacipta.

Reynolds, L.D. & Wilson, N.G. 1991. Scribes & Scholars: A Guide to the Transmission of Greek & Latin Literature. Edisi Ketiga. Oxford: Clarendon Press.

Robson, S.O. 1994. Prinsip-Prinsip Filologi Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa dan Universitas Leiden.

Sangidu. 2005. Penelitian Sastra: Pendekatan, Teori, Metode, Teknik, dan Kiat. Yogyakarta: Seksi Penerbitan Sastra Asia Barat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada.

Suryani, Elis. 2017. Filologi dan Seluk Beluknya. Bandung: Percetakan Situs Seni.

Teeuw, A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra Pengantar Teori Sastra. Jakarta Pusat: Dunia Pustaka Jaya.

Widyamarta. 1989. Seni Menerjemahkan.Yogyakarta: Kanisius.

Zoetmulder, P.J & Robson. 2011. Kamus Jawa Pertengahan Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Issue

Section

Articles