Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jumantara: Jurnal Manuskrip Nusantara?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Ketika submit artikel, penulis seharusnya memperhatikan:

1)    Naskah harus sesuai focus dan lingkup keilmuan jurnal.

2)    Naskah dikirim dalam format Ms.Word dengan ketentuan:

  • Kertas A4 (21 cm X 21,7cm) dengan marjin halaman; kiri (3 cm), atas (2 cm), kanan (2 cm), dan bawah (2 cm);
  • Jumlah halaman naskah kisaran 12 – 25 halaman;
  • Naskah disusun satu kolom dengan font Times New Roman, kecuali judul artikel (Arial);
  • Kata sambung (dan, secara, atau, dengan, serta, tentang, yang, terhadap, sehingga, karena, maka, untuk, demi) dan kata depan (di, ke, dari, pada, kepada, dalam, oleh, sampai) ditulis dengan huruf kecil.

3)  Artikel ditulis dengan sistematika sebagai berikut.

  • JUDUL (Arial 14; huruf kapital dan tebal; 1 spasi).
  • Nama Penulis (Times New Roman 11 dan tebal; 1 spasi).
  • Afiliasi Penulis (Times New Roman 10,5; 1 spasi), berisi nama institusi/lembaga/ tempat kerja/studi penulis.
  • Korespondensi (Times New Roman 10,5; 1 spasi), berisi alamat email penulis pertama.
  • ABSTRACT dan ABSTRAK (Times New Roman 12; huruf kapital dan tebal) dan isinya (Times New Roman 10; 1 spasi). Abstrak artikel ditulis dua bahasa (Inggris dan Indonesia). Untuk artikel berbahasa Indonesia, abstrak bahasa inggris diletakkan di atas abstrak bahasa Indonesia dan sebaliknya.
  • Keywords (Times New Roman 11 dan tebal) dan isinya (Times New Roman 10), keywords ditulis dalam bahasa inggris; jumlah 3 – 7 keywords.
  • PENDAHULUAN (Times New Roman 12 dan tebal) dan isinya (Times New Roman 11; 1,15 spasi).
  • TINJAUAN PUSTAKA (Times New Roman 12 dan tebal) dan isinya (Times New Roman 11; 1,15 spasi), literatur yang menjadi tinjauan pustaka harus relevan dengan topik kajian/penelitian.
  • METODE (Times New Roman 12 dan tebal) dan isinya (Times New Roman 11; 1,15 spasi).
  • HASIL DAN PEMBAHASAN (Times New Roman 12 dan tebal) dan isinya (Times New Roman 11; 1,15 spasi). Sebaiknya uraian hasil dan pembahasan dibuat terpisah.
  • KESIMPULAN (Times New Roman 12 dan tebal) dan isinya (Times New Roman 11; 1,15 spasi).
  • SARAN DAN UCAPAN TERIMA KASIH--optional (Times New Roman 12 dan tebal) dan isinya (Times New Roman 11; 1,15 spasi).
  • DAFTAR PUSTAKA (Times New Roman 12 dan tebal) dan sumber bacaan (Times New Roman 11; 1,15 spasi). Sumber kutipan dan daftar pustaka naskah harus sama. Format penulisan daftar pustaka mengacu pada The Chicago Manual of Style (CMS). Penulisan kutipan dan daftar pustaka naskah disarankan menggunakan aplikasi Mendeley.
Ketentuan penulisan naskah di atas juga tercantum dalam Template Naskah Jumantara: Jurnal Manuskrip Nusantara.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah belum terbit sebelumnya di jurnal manapun atau sedang dalam proses review di jurnal lain. Dalam proses pengiriman naskah, penulis diharuskan mengirimkan Surat Pernyataan Keaslian Naskah dan Surat Pernyataan Copyright Transfer ke Jumantara: Jurnal Manuskrip Nusantara.
  2. File naskah dikirim dalam bentuk OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Kutipan dan bibliografi sangat disarankan menggunakan Mendeley. Jumlah bibliografi ilmiah setidaknya 10 judul (80% primer dan 20% referensi sekunder). Referensi primer bisa berupa jurnal, prosiding, buku ilmiah, laporan penelitian, tesis, disertasi, paten, standar, dan dokumen sejarah; sedangkan referensi sekunder, termasuk buku bacaan umum dan sumber informasi internet. Jika tersedia, URL untuk referensi harus disertakan.
  4. Penulisan naskah sudah harus memenuhi kaidah penulisan yang tercantum di dalam laman Author Guidelines. Jumlah halaman minimal yakni 10 halaman, termasuk halaman daftar pustaka.
  5. Jika proses pengiriman peer-reviewed langsung melalui rekan editor yang ada di jurnal, pastikan instruksi Ensuring a Blind Review sudah diikuti.
  6. Judul dan fokus kajian harus sesuai dengan cakupan Jumantara: Jurnal Manuskrip Nusantara. Jika tidak sesuai, naskah otomatis akan kembali ke penulis (DITOLAK).
  7. Penulis menjunjung tinggi dan mematuhi ketentuan hak cipta, privasi, dan lisensi.
 

Copyright Notice

  • Pernyataan ini merupakan komitmen penulis untuk menghormati hak cipta, baik dalam hal pengutipan karya orang lain dan pemanfaatan konten jurnal. Apabila diperlukan, penulis dapat mengirimkan Surat Pernyataan Keaslian Naskah yang menyatakan bahwa “karya ini adalah ide asli penulis dan belum pernah dikirim ke penerbit lain dan diterbitkan dalam publikasi apapun”.
  • Hak publikasi jurnal adalah milik pengelola jurnal dengan sepengetahuan penulis, dan hak moral publikasi adalah milik penulis.
  • Aspek legal formal dalam pemanfaatan publikasi jurnal mengacu lisensi Creative Commons Atribusi-NonCommercial-No Derivative (CC BY: SA), yang berarti bahwa konten jurnal dapat dimanfaatkan secara bebas dalam bentuk aslinya dan untuk tujuan non-komersial.

 

Privacy Statement

Setiap pihak yang terlibat dalam penerbitan jurnal ini harus saling menghargai dan menghormati privasi satu sama lain, serta menjunjung tinggi hak cipta dan etika publikasi ilmiah.

Dalam hal ini redaksi Jumantara: Jurnal Manuskrip Nusantara juga tidak akan menyebarkan nama dan email para pembaca yang terdaftar di kami.