Naskah Pandita Nursaleh: Dialog Mistik Pendeta dan Mursyid

Authors

  • Ahmad Rijal Nasrullah Universitas Padjadjaran, Bandung
  • Undang Ahmad Darsa Universitas Padjadjaran, Bandung
  • Ade Kosasih Universitas Padjadjaran, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.37014/jumantara.v10i1.22

Keywords:

Manuscript, Naskah, Pandita Nursaleh, Kodikologi, Suluk

Abstract

Artikel ini mengkaji naskah sastra suluk yang didapatkan dari salah satu masyarakat di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Naskah yang dimaksud berjudul Naskah Pandita Nursaleh. Dalam meneliti naskah ini digunakan metode kajian filologi yang terfokus pada kritik naskah (kodikologi). Kritik naskah terhadap naskah ini meliputi inventarisasi naskah, deskripsi naskah, klarifikasi naskah, penelusuran silsilah naskah atau stema, dan penentuan naskah edisi. Dalam mengungkap isi naskah digunakan metode penelitian deskriptif analisis yang dimaksudkan untuk mencatat, menuturkan, dan menafsirkan data melalui suatu proses pemahaman yang akan sangat bergantung pada keadaan data dan nilai bahan atau data objek penelitian yang digarap. Dengan demikian metode tersebut digunakan untuk mendeskripsikan naskah dari berbagai aspek beserta kandungan teks secara jelas dan terperinci.

References

Amin, M. Darori. 2011. Konsépsi Manunggaling Kawula Gusti dalam Kesustraan Islam Kejawén. Kementrerian Agama RI: Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan.

Ati, Nuri Aliyah Mustika. 2013. Kritik Teks dan Telaah Fungsi Naskah Wawacan Jaka Mursyid. Skripsi. Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS UPI Bandung.

Baried, dkk. 1985. Pengantar Teori Filologi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengambangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Darsa, dkk. 1993. Wawacan Gandasari. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Bagian Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara.

Darsa, Undang Ahmad. 2013. Kodikologi Sunda: Sebuah Dinamika Identifikasi dan Inventarisasi Tradisi Pernaskahan. Bandung Jatinangor.

Djamaris, H. Edwar. 2002. Metode Penelitian Filologi. Jakarta: CV Manasco.

Ekadjati, dkk. 1988. Naskah Sunda: Inventarisasi dan Pencatatan. Bandung: Lembaga Kebudayaan Universitas Padjadjaran dan Toyota Foundation.

Ekadjati, & Darsa, Undang Ahmad. 1998. Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Jilid 5A: Jawa Barat Koleksi Lima Lembaga. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia & École Française d"™Ã‰xtrême-Orient.

Hidayat, Syarief I.. 2012. Teologi dalam Naskah Sunda Islami. Bandung: Syigma Creative Media Corp.

Kalsum. 2011. Naskah Tasawuf (Awal Periode Islamisasi) Transliterasi Teks dan Terjemahan. Bandung: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat, Balai Pengelolaan Museum Negeri Sri Baduga.

Sampurna, Sri. 2013. Layang Muslimin Muslimat: Edisi Teks dan Kajian Struktur Ajaran Sufi Dalam Budaya Sunda. Tesis. Jatinangor: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran.

Sari, Nurhayati Prima Sari. 2018. Samarkandi Naskah Bab Sholat: Edisi Teks dan Makna Sholat. Tesis. Jatinangor: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran.

Suryani NS., Elis. 2011. Filologi: Teori, Sejarah. dan Penerapannya. Bandung: Fakultas Sastra.

Teeuw, A. 2003. Sastra dan Ilmu Sastera. Cetakan Ketiga. Bandung: PT. Kiblat Utama.

Downloads

Published

2019-07-01

Issue

Section

Articles