INVENTARISASI DAN TERJEMAHAN TEKS SAKARATUL MAUT KARYA SYEKH IMAM TABRI (KAJIAN SEJARAH KEPUSTAKAAN ISLAM)

Authors

  • Ahmad Wahyu Sudrajad Mahasiswa Ilmu Religi dan Budaya Pascasarjana Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37014/jumantara.v9i2.242

Keywords:

sejarah kepustakaan Surakarta, Tegalsari, inventarisasi naskah, terjemahan teks Sakaratul Maut, deskripsi isi teks

Abstract

Kepustakaan Jawa mengalami kebangkitan pada abad ke 18-19. Kebangkitan ini juga mengawali terbentuknya pusat intelektual Jawa di Kerajaan Surakarta. Dalam perkembangannya, Surakarta mampu menelurkan tiga pujangga besar keraton, mulai Yasadipura I sampai Rangga Warsita. Kebangkitan kepustakaan tersebut juga dialami oleh para ulama. Hal ini dikarenakan pada waktu itu genre atau kepustakaan yang sedang ramai dibuat adalah tentang piwulang. Genre itu dibuat karena pada waktu itu kerajaan Surakarta sedang mengalami pergeseran norma akibat kolonialisme Belanda. Tidak heran kepustakaan piwulang ini dibuat untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat Surakarta. Salah satunya adalah ulama Surakarta yang bernama Syekh Imam Tabri bin Muhammad Khassan Besari (pendiri pesantren Tinitar Tegalsari). Keluarga Besari ini mempunyai peranan penting dalam kepustakaan Jawa Islam di Surakarta. Salah satunya adalah dituliskannya teks Sakaratul Maut karya Syekh Imam Tabri di kisaran tahun 1850-an. Naskah ini belum terinventarisasi dan belum diterjemahkan. Oleh karena itu, di sini peneliti akan menuliskan inventarisasi dan juga terjemahan teks tersebut supaya mudah untuk dibaca masyarakat sekarang. Selain itu, peneliti juga akan mendeskripsikan isi dari teks tersebut.

References

Ahmad Wahyu Sudrajad. 2013. Maulid Qashor Dalam Naskah H.Tabbri .Yogyakarta: Skripsi S1 Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga,

Anung Tedjowirawan. (2012. Menelusuri Jejak Cerita Rama Dalam Pustakaraja Karya Pujangga R.Ng. Rangga warsita. akarta; Jumantara Vol. 3, No.1,Tahun 2012

Anung Tedjowirawan. 2014. Keteladanan Kepemimpinan Kusumawicitra dari Kerajaan Kediri-Pengging. Jakarta: Jumantara (Jurnal Manuskrip Nusantara.

Christiana Dwi Wardhana. (2014. Ajaran Catur Budi Dalam Serat Sasanasunu Karya Kyai Yasadipura II .Jakarta: Jumantara Vol. 5, No 1, Tahun 2014

Hamka. 1960. Perkembangan Tasawuf Dari Abad Ke A bad. Jakarta

http://historia.id/persona/guru-bagi-para-ulama-dan-bangsawan diambil pada tanggal 26 Maret 2018 pada jam 18.00 wib.

http://www.republika.co.id/berita/koran/didaktika/16/10/22/offss22-transformasi-pesantren diambil pada tanggal 26 Maret 2018 jam 18.00 wib.

Interview terhadap mbah Wasirah. Beliau adalah cucu menantu dari H. Tabbri. 7 April 2011

Jawaban dari Zainul Milal Bizawie tentang karya-karya Imam besari yang berada di British Library., (Zainul Milal adalah peneliti tentang Islam Nusantara yang menulis buku Masterpiece Islam Nusantara terbitan Pustaka Kompas. Hasil pertanyaan saya dapat melalui email pada tanggal 25 Februari 2018).

Kun Zachrun Istanti. 2013. Metode Penelitian Filologi dan Penerapannya, Yogyakarta: Elmatera

M.C. Ricklefs. 2005. Sejarah Modern Indonesia 1200-2004. Jakarta: Serambi.

Porbatjaraka dan Tardjan Hadidjaja. 1952. Kepustakaan Jawa. Jakarta: Djambatan.

S. Soebardi. 1975. The Book Of Cebolek. Leiden: The Haque Martinus Nijhoff.

Salasilah Kyai Ageng Mohammad Khasan Besari karangan Kyai Muhammad Poernomo.

Sartono Kartodirdjo., 1987. Beberapa Segi Etika Dan Etiket Jawa. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara, Bagian Jawa.

Simuh. 1988. Mistik Islam Kejawen. Jakarta: UI Press.

Sri Wulan Rujiati Mulyadi. 1994. Kadikologi Melayu Di Indonesia .Jakarta: FIB Universitas Indonesia

Th. G. th. Pigeaud, (1933). De Serat Cabolangen De Serat Centhini. Bandung: A.C. Nix & Co.,

Yuli Widiyanto. (2010). Kajian Tema, Nilai Estetika, dan Pendidikan dalam Serat Wulangreh Karya Sri Susuhunan Paku Buwana IV. Tesis, Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Sebelas Maret.

Downloads

Published

2019-08-07

Issue

Section

Articles