Kewalian Syekh Wali Lanang dalam Babad Gedhongan, Suatu Tinjauan Awal

Authors

  • Taufiq Hakim Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37014/jumantara.v8i2.258

Keywords:

Babad Gedhongan, Perjalanan, Ajaran Rasulullah, Syekh Wali Lanang, naskah, manuskrip

Abstract

Penelitian ini bertujuan memahami teks Babad Gĕdhongan (selanjutnya disingkat BG) yang memuat kisah perjalanan Dyah Rasa Wulan, putri Adipati Tuban, dan Syekh Wali Lanang, seorang pengelana dari Arab yang menyebarkan ajaran Rasulullah. Naskah koleksi pribadi ini ditulis dalam aksara dan berbahasa Jawa, sehingga belum tentu bisa dibaca oleh masyarakat umum. Selain itu, berdasarkan studi katalog, teks BG belum pernah diteliti sebelumnya. Berangkat dari pendekatan filologi dan telaah teks berupa pengklasifikasian alur, kisah, dan telaah naratif, dapat diperoleh keterangan bahwa BG menyajikan fakta lain ikhwal kedatangan Syekh Wali Lanang di Jawa dan tahapan kewalian—dalam pengertian teologis—yang ia capai, dibanding data-data sejarah yang marak diperbincangkan sebelumnya.

References

Baroroh-Baried, Siti, dkk. (1985). Pengantar Teori Filologi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Becker, A.L. (1979). "Text-building, Epistemology and Aesthetics in Javanese Shadow Theatre." Dalam A.L. Becker dan Aram A. Yengoyam, eds., The Imagination of Reality: Essays in Southeast Asian Coherence System. Norwood, New Jersey.

Behrend, T.E. Dr. (ed.). (1990). Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Jilid 1 Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Jakarta: Djambatan.

_____________ (ed.). (1998). Perpustakaan Nasional Republik Indonesia: Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Jilid 4. Jakarta: YOI dan EFEO.

_____________dan Pudjiastuti, Titik. (ed.). (1997). Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Fakultas Sastra Universitas Indonesia Jilid 3-B. Jakarta: YOI dan EFEO.

_____________. 1995. Serat Jatiswara: Struktur dan Perubahan di dalam Puisi Jawa 1600-1930. Jakarta: INIS.

_____________dan Pudjiastuti, Titik. (ed.). (1997).Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Fakultas Sastra Universitas Indonesia Jilid 3-A. Jakarta: YOI dan EFEO.

Binford, Lewis R. (1972). An Archeological Perspective. New York and London: Seminar Press.

Carol R. Ember dan Melvin Ember. 1986. "Perkenalan dengan Antropologi" dalam Pokok-Pokok Antropologi Budaya. T.O. Ihromi (ed.) Jakarta: Penerbit PT Gramedia.

Chodkiewicz, Michel. (2007). Konsep Kesucian dan Wali dalam Islam. Ziarah & Wali di Dunia Islam. (Henri Chambert-Loir&Claude Guillot ed.). Jakarta: Serambi Ilmu Semesta bekerjasama dengan EFEO.

Djamil, Abdul. (1999). Aspek Islam dalam Sastra Mistik. Dewaruci: Jurnal Dinamika Islam dan Budaya Jawa.(1) 1, IAIN Walisongo Semarang, 17-30

Ekadjati, Edi S. (1999). Jawa Barat Koleksi Lima Lembaga: Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Jilid 5-A. Jakarta: YOI dan EFEO.

Fasih, Ulum. (2015). Syekh Maulana Ishaq dan Islamisasi Desa Kemantren Paciran Lamongan 1443-1485, Studi tentang Dakwah dan Warisan Ajarannya. Surabaya: Skripsi Jurusan Sejarah dan Kebudayaan Islam Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Ferdinand de Saussure. (1922). Cours de linguistique générale. Edisi kedua. Paris: Payot.

Florida, Nancy K. (1981). Javanese Language Manuscripts of Surakarta Central Java a Preliminary Descriptive Catalogue Volume IV. Cornell University Ithaca New York: Southeast Asia Program.

Florida, Nancy K. (2000). Javanese Literature in Surakarta Manuscripts Volume II Manuscripts of The Mangkunegaran Palace. New York: Southeast Asia Program Cornell University.

Girardet, Nicolaus, dkk. (1983). Descriptive Catalogue of The Javanese Manuscripts and Printed Books in The Main Libraries of Surakarta and Yogyakarta. Weisbaden: Franz Steiner Verlag GMBH.

Goethe, Johann Wolfgang Von. (1992). "˜Translation"™, Rainer Schulte and John Briguenet (editors) Theories of Translation. An Antalogy of Essays from Dryden to Derrida. Chicago and London: The University of Chicago Press.

Hoesain Djajaningrat. (1983). Tinjauan Kritis Tentang Sejarah Banten. Jakarta: Djambatan.

Kasdi, Aminuddin. (1997). Babad Gresik Tinjauan Historiografi dalam rangka Studi Sejarah. Surabaya: Unipress UNESA.

Lihat Ras, J.J. (1986). "The Babad of Tanah Jawi and its Reliability: Questions of Content, Structure and Function". Dalam Culturural Contact and Textual Interpretation. Makalah dari Fourth European Colloquium on Malay and Indonesian Studies. Dordrecht: Foris Publications.

Lindsay, Jennifer dkk. (ed.). (1994). Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Jilid 2 Kraton Yogyakarta. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Nurhidayati, Titin. (2010). "Proses Penyebaran Nilai-Nilai Islam dalam Tradisi Masyarakat Jawa" dalam JURNAL FALASIFA,(1) 2, 73-91.

Nwyia, P. (1970). Exegese coranique et langage mystique. Beirut.

Panitia Penelitian dan Pemugaran Makam Sunan Giri. (1975). Sejarah dan Dakwah Islamiyah Sunan Giri.

Pudjiastuti, Titik. (2006). Naskah dan Studi Naskah, Sebuah Antologi. Bogor: Penerbit Akademia.

Ras, J.J. (1986). "The Babad of Tanah Jawi and its Reliability: Questions of Content, Structure and Function". Dalam Culturural Contact and Textual Interpretation. Makalah dari Fourth European Colloquium on Malay and Indonesian Studies. Dordrecht: Foris Publications.

Ras, J.J. (1990). Tradisi Jawa Mengenai Masuknya Islam di Indonesia. MAKALAH-MAKALAH YANG DISAMPAIKAN DALAM RANGKA KUNJUNGAN MENTERI AGAMA R.I. H. MUNAWIR SJADZALI, M.A. KE NEGERI BELANDA (31 Oktober-7 November 1988). Jakarta: INIS.

Samidi. (2016). Tuhan, Manusia, dan Alam: Analisis Kitab Primbon Atassadur Adammakna. Shahih.(1) 1LP2M IAIN Surakarta, 13-26.

Simuh. (2016). Sufisme Jawa: Transformasi Tasawuf Islam ke Mistik Jawa. Yogyakarta: Narasi.

Soebadio, Haryati. (1975). Penelitian Naskah Lama Indonesia.Bulletin Yaperna. No. 7: 11-18, Tahun II bulan Juni.

Sulastin-Sutrisno. (1981). Relevansi Studi Filologi.Pidato Pengukuhan Guru Besar Universitas Gadjah Mada Ilmu-Ilmu Humaniora Cet. Pertama Januari 2000. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sutrisno, Budiono Hadi. (2007). Sejarah Walisongo: Misi Pengislaman Jawa. Yogyakarta: Grha Pustaka.

Watkins, Calvert. (1990). What is Philology?.Comparative Literature Studies. (27) 1. 127-144.

White, Hayden. (1972). The Historical Text as Literary Artifact.NewDirection in Literary History. Ed. Ralph Cohen. London: Routledge & Kegan Paul

Winter, C.F., Sr. (1911). Javaansche Zamenspraken. Eerste Deel: Zamenspraken over verchillende voorwerpen. T. Roorda, (Ed.). Leiden: Brill.

Downloads

Published

2019-08-07

Issue

Section

Articles