Jejak Tarekat Naqsyabandiyah di Indonesia dalam Naskah "Risālata 'L Badī‘Iyyah Fī Tharīqati 'N Naqsyabandiyyati 'L-‘Āliyah" Karya Syekh Abdallah Dihlawi

Authors

  • Nurhayati Nurhayati

DOI:

https://doi.org/10.37014/jumantara.v8i1.267

Keywords:

Islam, tarekat, Naqsyabandiyah, abdallah dihlawi, naskah, manuskrip

Abstract

Jejak sejarah panjang perkembangan kebudayaan manusia dapat ditilik dari peninggalan dokumen naskah lama. Di Indonesia pun, perkembangan Islam Nusantara terdokumentasikan dalam berbagai naskah lama. Naskah RisÄlata 'l-Badī‘iyyah fÄ« TharÄ«qati 'n-Naqsyabandiyyati 'l-‘Āliyah menjadi salah satu bukti jejak perkembangan Islam Nusantara karena berisi ajaran agama Islam, khususnya mengenai Tarekat Naqsyabandiyah. Naskah ini merupakan teks yang berisi tentang ajaran Tarekat Naqsyabandiyah yang mendapat pengaruh dari guru Naqsyabandiyah bernama Syekh Abdallah Dihlawi dari India. Ajaran Tarekat Naqsyabandiyah dalam teks RBTNA berupa 1) zikir Tarekat Naqsyabandiyah yaitu zikir khafi (zikir lathaif dan zikir Nafi Isbat) dan zikir dengan jahar atau lisan; 2) jalan untuk sampai kepada Allah Taala (ma’rifatullah) yang meliputi zikir dengan kalimat tayibbah, muraqabah dan tawajuh, serta bertambatnya salik dengan syekh.

References

Aceh, Abubakar. 1990. Pengantar Ilmu Tarekat. Solo: Ramadhani.

Al-Qusyairy, Abul Qasim Abdul Karim Hawazin. 2002. Risalah Qusyairiyah Sumber Kajian dan Ilmu Tasawuf (edisi terjemahan Ma`ruf Zariq dan Ali Abdul Hamid Balthayj). Jakarta: Pustaka Amani.

Baried, Siti Baroroh et. al. 1994. Pengantar Teori Filologi. Yogyakarta: Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada.

Bruinessen, Martin van. 1996. Tarikat Naqsyabandiyah di Indonesia: Survei Historis, Geografis, dan Sosiologi. Bandung: Mizan.

Djamaris, Edwar. 1997. Metode Penelitian Filologi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.

Fang, Liaw Yock. 1994. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Nur, Djamaan. 2004. Tasawuf dan Tarekat Naqsyabandiyah Pimpinan Prof. Dr. H. Saidi Kadirun Yahya. Medan: USU Press.

Said, Ahmad Fuad. 2005. "Thariqat Naqsyabandiyyah: Sejarah, Amalan, dan Dalil-dalilnya", makalah Seminar Nasional Tasawuf. 29 Januari 2005. Surakarta: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Surakarta.

Soeratno, Siti Chamamah et. al. 1982. Memahami Karya-karya Nuruddin Arraniri. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.

Sutaarga, Amir. 1972. Katalogus Koleksi Naskah Museum Pusat. Jakarta: Proyek Inventaris dan Dokuman Kebudayan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Umarie, Barmawie. 1996. Systematik Tasawwuf. Solo: AB. Sitti Syamsijah.

Downloads

Published

2019-08-07

Issue

Section

Articles