Adam dan Hawa dalam Karya Melayu dan Arab: Kajian Teks Seribu Masa’il

Authors

  • Mohammad Rokib Universitas Negeri Surabaya
  • Lutfiyah Alindah UIN Sunan Ampel, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37014/jumantara.v8i1.264

Keywords:

adam, hawa, karya melayu, arab, kajian teks, seribu masa'il

Abstract

Seiring hubungan Nusantara dan Timur Tengah yang semakin menguat, seiring itu pula pengaruh literatur-literatur Arab pada literatur Melayu menunjukkan bentuk model yang baru. Salah satu cerita yang cukup terkenal adalah cerita Adam dan Hawa yaitu kisah asal muasal seorang manusia diciptakan dan dikenal sebagai manusia pertama di muka bumi. Cerita tersebut dikisahkan dalam dua kitab yang berbeda bahasa yaitu Seribu Masa’il dan MasÄil Sayyidi ‘Abdullah Bin SalÄm Lin NabÄ«.  Dengan memakai pendekatan dari Asma Barlas berupa intertekstual konteks dan ekstratekstualitas konteks, penelitian ini berusaha memahami keterkaitan satu teks dengan teks lain juga teks di luar keduanya. Selain itu, tradisi atau mitologi dalam budaya Arab dan Melayu serta pengaruhnya juga menjadi ikatan yang saling berkait.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua teks memiliki keterkaitan dengan teks al-Qur’an dan juga hadist. Selain itu, mitologiAdam dan Hawa juga telah terpengaruh oleh mitologi masyarakat lokal seperti mitologi Dewi Sri juga tradisi yang meliputinya.Sedangkan pengaruh dari cerita Adam dan Hawa adalah tradisi patriarkhi yang membudaya.

References

Barlas, Asma. 2002.Believing Woman in Islam Unreading Patriarchal Interpretation of the Qur"™an.USA: University of Texas Press.

Djamaris, Edwar.2011. Transliterasi Seribu Masa"™il, Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Harun, Jaelani. 2009. Bustan as-salatin (The Garden of Kings). Pulau Pinang: Universiti Sains Malasyia.

Junus, Umar. 1985.Resepsi Sastra Sebuah Pengantar. Jakarta: PT Gramedia..

Katan, David. 1999.Translating Cultures; An Introduction to Translator, Interpreter, and Mediator. Danvers: St. Jerome Publishing.

Khalafullah, Muhammad A. 2002.Al-Qur"™an bukan "Kitab Sejarah": Seni, Sastra dan Moralitas dalam Kisa-Kisah al-Qur"™an. Jakarta: Paramadina.

Larson, M.L. 1984.Meaning-Based Translation: a Guide to Cross-language Equivalence. Lanham: University Press of America.

Lindsey, Linda. 1990.Gender Roles: a Sociological Perspective. New Jersey: Prentice Hall.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Morse, Janice M. dan Lynn Richards. 2002. Read Me First for a User"s guide to QualitativeMethods. Amerika, Sage Publication.

Saleh, Siti Hawa Haji. 1997.Kesusteraan Melayu Abad kesembilanbelas.Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.

Downloads

Published

2019-08-07

Issue

Section

Articles