Makna Satua Pan Balang Tamak

Authors

  • I Nyoman Sukartha Universitas Udayana, Bali

DOI:

https://doi.org/10.37014/jumantara.v7i2.288

Keywords:

makna, satua, pan balang tamak, manuskrip, naskah bali

Abstract

Cerita Pan Balang Tamak,merupakan salah satu cerita yang sangat melegenda dalam masyarakat Bali. Cerita tersebut, oleh I Gusti Ngurah Bagus, digolongkan ke dalam cerita lucu yang menggunakan pikiran (Bagus, 1971;41). Bila cerita itu dipelajari dengan seksama, akan diketahui bahwa di dalamnya terkandung ajaran moral yang sangat mulia, yang diwariskan oleh nenek moyang bangsa Indonesia. Ajaran moral yang dimaksud seperti; sikap kritis, sikap santun, sikap yang tidak memaksakan kehendak, sikap kegotong-royongan, dan sikap mau belajar sepanjang hayat. Ajaran moral seperti itu tentu saja sangat berguna bila dijadikan tuntunan hidup dalam berbangsa dan bernegara. Derasnya gempuran arus globalisasi, terutama dengan masuknya budaya asing seperti budaya barat masa kini, sangat berpengaruh pada sikap mental anak bangsa yang masih mencari jati diri. Untuk membentenginya, diperlukan tuntunan moral. Salah satu ajaran yang sangat baik dijadikan tuntunan moral adalah ajaran nenek moyang yang telah lama mengakar pada budaya bangsa Indonesia, baik berupa tradisi lisan seperti dongeng, fabel, maupun berupa tradisi tulis seperti naskah-naskah susastra.

References

Dananjaya. James. 2002: Foklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng dan Lain-lain. Jakarta: Grafiti.

Eagleton, Terry. 2010. Teori Sastra: Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.

Halliday, M.A.K dan Hasan R.1994. Bahasa, konteks, dan Teks: Aspek-aspek Bahasa dalam Pandangan Semiotika Sosial, (Diterjemahkan oleh Barori, Ramlan). Yogyakarta: Universitu Press

Hoed. Benny H. 2003. Semiotik & Dinamika Sosial Budaya. Depok: Komunitas Bambu.

Hutomo, Suripan Sadi. 1998c. Kedudukan Sastra Lisan Kawasan Timur Indonesia Dalam Sastra Nusantara. Surabaya: IKIP Surabaya.

Hoed. Benny H. 2011. Semiotik & Dinamika Sosial Budaya. Depok: Komunitas Bambu.

Hunter, Thomas, M, dan Ni Wayan Pasek Ariati.2011. "Pan Balang Tamak Sebagai Anti Pahlawan" Makalah seminar yang dibawakan dalam pertemuan Himbasadi di Yogyakarta.

Kaelan. 2009. Filsafat Bahasa, Semiotika dan Hermeneutika. Yogyakarta: Paradigma.

Kleden, Ignas. 1987. Sikap Ilmiah dan Kritik Kebudayaan. Jakarta: LP3ES.

Kleden, Ignas. 1998. "Fakta Fiksi Dan Imajinasi Dalam Karya Sastra Dan Ilmu Sosial" (dalam majalah Kalam). Yogyakarta.

Locke, E. A. 1968. Toward a Theory of Task Motivation and Incentive. Inggris: Organizational Behavior and Human Performance.

Downloads

Published

2019-08-09

Issue

Section

Articles