Naskah-Naskah Islam Papua

Authors

  • Munawar Holil Universitas Indonesia, Depok

DOI:

https://doi.org/10.37014/jumantara.v7i1.285

Keywords:

Papua Barat, naskah kuna, naskah Islam, naskah Papua, kodikologi, manuskrip

Abstract

Papua merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di wilayah paling timur Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selama ini ada anggapan bahwa Papua merupakan daerah yang masih primitif dan belum mengenal budaya tulis. Namun, berdasarkan informasi para narasumber diketahui bahwa di Papua, khususnya di Papua Barat, terdapat banyak naskah kuna. Dari penelitian lapangan yang telah dilakukan di Sorong, Selawati, Misol, Fakfak, Patipi, Kokas, dan Kepulauan  Raja Ampat  (yaitu di Misol, Waisai, Salawati, Pafanlaf, dan Patipi) ditemukan banyak naskah kuna tulisan tangan yang ditulis dengan huruf Arab, Bugis, dan Jawi dalam bahasa Arab, Bugis, dan Melayu. Isi teksnya beragam, di antaranya banyak yang bernuansa Islam

References

Andaya, Leonard, Y., 1993, The World of Maluku: Eastern Indonsia in The Early Modern Period, Honolulu: Unversity of Hawaii Pess.

Malak, Stepanus Sorong Cajaya dari Papua, Jakarta: TEMPO, 2013.

Malak, Stepanus, 2012, Kapitalisasi Tanah Adat Sinergi Kepentingan masyarakat Adat dalam Otonomi Khusus Papua, Lepsindo.

Malak, Stepanus dan Wa ode Likewati, 2011, Etnografi Suku Moi Kabupaten Sorong, Papua Barat, Bogor: PT Sarana Komunikasi Utama.

Meteray Bernarda, 2011, Nasionalisme Ganda Orang Papua, Jakarta: Gramedia Pustaka.

Wijoyo, Muridan, 2013, Pemberontakan Nuku. Persekutuan Lintas Budaya di Maluku- Papua sekitar 1780 -1810, Jakarta: Komunitas Bambu.

Downloads

Published

2019-08-08

Issue

Section

Articles