Naskah Samud Ibnu Salam: Sebuah Sastra Keagamaan
DOI:
https://doi.org/10.37014/jumantara.v7i1.277Keywords:
naskah, samud, ibnu salam, sastra, keagamaan, manuskripAbstract
Naskah Syamud Ibnu Salam merupakan salah satu karya sastra Jawa yang menyajikan nilai-nilai keagamaan (agama Islam) yang dituangkan dalam bentuk dialog antara tokoh Syamud Ibnu Salam dengan Nabi Muhammad SAW. Naskah ditulis dengan huruf Arab Pegon, berbentuk tembang macapat, terdiri atas 24 pupuh, berbahasa Jawa Baru, berisi ajaran agama Islam, diawali rukun Islam, rukun Iman, macam-macam iman, kitab-kitab Allah, macam-macam umat manusia, tasyawuf, syariat, tarekat, makrifat dan hakikat, hari kiamat, sifat-sifat Allah,  para nabi dan sifat-sifatnya, penciptaan manusia pertama (Nabi Adam), setan, iblis dan malaikat. Iblis membujuk Siti Hawa agar mau makan buah Khuldi. Atas bujukan Siti Hawa, Nabi Adam mau memakannya dan akhirnya dihukum turun kedunia, dll. Allah menciptakan nama-nama bulan dan hari yang masing-masing mempunyai kelebihan dan sifat. Allah menciptakan langit berlapis tujuh, setiap lapis dijaga oleh ratusan malaikat. Selain itu, pengarang juga menuangkan filsafat Jawa yang dipadukan dengan ajaran Islam. Mukjizat para nabi juga tidak lepas dari pengamatan pengarang dalam menggubah karyanya. Misalnya Nabi Musa bisa membelah laut dengan tongkatnya. Tongkat tersebut juga bisa berubah menjadi ular. Bila tongkat itu dipukulkan pada sebuah batu, maka batu itu akan mengeluarkan air. Gambaran surga neraka dan penghuninya merupakan bagian dari isi naskah. Juga manfaat puasa Ramadhan, dan hal-hal yang disenangi Allah. Nafsu manusia, meliputi aluamah, mulhamah, amah, amarah, dan muthmaimah. Isi naskah diakhiri dengan silsilah Nabi Muhamad SAW dari Nabi Adam, dan para nabi yang mendapat wahyu dari Allah SWT.References
Baried, Siti Baroroh, dkk. 1985. Unsur Kepahlawanan dalam Sastra Jawa Klasik, Yogyakarta, Lembaga Bahasa.
Darusuprapta, 1975. Jenis Sastra Nusantara Khusus Babad, Morsweek, makalah.
Darusuprapto. 1982, "Unggah-Ungguh Bahasa Jawa", Analisis Kebudayaan, II. Jakarta. Depdikbud.
Djamaris, Edward. 1981. "Mengenal Sastra Melayu Klasik, Warisan Sastra yang Sering Terlupakan" Analisis Kebudayaan I. Jakarta: depdikbud.
Djamaris, Edward, 1987. "Filologi dan Cara Kerja Penelitian Filologi" Bahasa dan Sastra. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Hatoko, Dick. 1984. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta. Gramedia.
Hutomo, Suripan Sadi. 1984. Bahasa dan sastra Babad Demak Pesisiran. Jakarta. Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa.
Hutomo, Suripan Sadi.1990. Kesastraan Jawa. Surabaya. FPBS IKIP Surabaya.
Ikram, Achadiati. 1981. "Perlunya Memelihara Sastra Lama" Analisis Kebudayaan I. Jakarta: Depdikbud.
Juri. 1996. Struktur Tembang dan Penggunaan Bahasa dalam Naskah Samud Ibnu Salam. Surabaya: FPBS IKIP Surabaya.
Kamidjan, 2007. Historiografi Pengantar Ilmu Sastra Sejarah. Surabaya. Penerbit FBS Unesa Surabaya.
Maas, Paul. 1958 Textual Criticism. Oxford. Terjemahan oleh Barbara Flower.
Pigaud. Th. G. 1967. Literature of Java .The Hague Martinus Nijhoff
Poerbotjaraka. 1957. Kapustakan Djawi. Djakarta : Djambatan.
Puji Santosa. Dkk. 2004. Sastra Keagamaan Dalam Perkembangan Sastra Indonesia Puisi, 1946-1965. Jakarta. Pusat Bahasa. Departemen Pendidikan Nasinal.
Purnomo, Bambang. S. 2011. Kesastraan Jawa Pesisir. Surabaya. Penerbit. Bintang.
-------------------------. 2013. Filologi dan Studi Sastra Lama.Surabaya. Penerbit. Bintang.
Suwarni, 2014. Sastra Jawa Pertengahan. Surabaya. Penerbit. Bintang.
Zoetmulder, PJ. 1983. Kalangwan: Sastra Jawa Kuna Selayang Pandang. Terjemahan Dick Hartoko. Jakarta: Djambatan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Pernyataan ini merupakan komitmen penulis untuk menghormati hak cipta, baik dalam hal pengutipan karya orang lain dan pemanfaatan konten jurnal. Apabila diperlukan, penulis dapat mengirimkan Surat Pernyataan Keaslian Naskah yang menyatakan bahwa "karya ini adalah ide asli penulis dan belum pernah dikirim ke penerbit lain dan diterbitkan dalam publikasi apapun".
- Penulis mempertahankan hak cipta.
- Hak moral publikasi adalah milik penulis.
- Aspek legal formal dalam pemanfaatan publikasi jurnal mengacu lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA), yang berarti bahwa konten jurnal dapat dimanfaatkan secara bebas untuk kepentingan apapun.