Nilai Kepemimpinan dalam Naskah Hikayat Maharaja Ali Koleksi Perpustakaan Nasional RI

Authors

  • Didik Purwanto Perpustakaan Nasional RI

DOI:

https://doi.org/10.37014/jumantara.v6i2.302

Abstract

Adapun di dalam Katalogus Koleksi Naskah Melayu Museum Pusat Dep. P&K, Hikayat Maharaja Ali terdapat empat versi. Hikayat Maharaja Ali versi pertama bernomor ML. 638 A (dari W. 106 A), versi kedua bernomor ML. 640 (dari W. 107), versi ketiga bernomor ML. 641 (dari W.108), dan versi keempat bernomor ML. 198 A. Keempat versi naskah tersebut memiliki alur cerita yang sama, namun dari keempat versi naskah tersebut hanya satu naskah saja yang kondisinya masih baik yaitu ML. 638 A (dari W. 106 A). Pada naskah Hikayat Maharaja Ali dengan kode ML. 638 A (dari W. 106 A) terdapat kandungan nilai kepemimpinan yang dapat dijadikan sebagai proses pembelajaran pemimpin masa kini untuk mencari seorang tokoh yang dapat memimpin suatu organisasi atau negara diperlukan banyak pertimbangan, hal ini dikarenakan maju tidaknya sebuah organisasi atau negara diperlukan seorang pemimpin yang cakap dalam memimpin atau mengendalikan suatu pemerintahannya. Nilai kepemimpinan dalam budaya Melayu tidak terlepas dari ajaran agama Islam yang berpedoman pada ajaran Rasulullah saw. Nilai kepemimpinan sangat erat hubungannya dengan hikayat yang menceritakan atau menggambarkan pemerintahan raja-raja pada masa itu. Nilai kepemimpinan tersebut dapat dilihat dari kriteria seorang pemimpin ideal dalam budaya Melayu diantaranya yaitu adil, bijak, rela berkorban, mulia budi pekerti, pandai, dan memiliki mental yang baik.

References

Djamaris, Edwar. 1990. Menggali Khazanah Sastra Melayu Klasik. Jakarta: Balai Pustaka.

_______________. 2006. Metode Penelitian Filologi. Jakarta: Manasco.

Fang, Liaw Yock. 1991. Sejarah Kesastraan Melayu Klasik. Jakarta: Erlangga.

Katalog Koleksi Naskah Melayu Museum Pusat Dep. P&k yang disusun oleh Amir Sutaarga dan kawan-kawan, halaman.

Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara. Jilid 4. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Sutrisno, Sulastin. 1979. Hikayat Hang Tuah: Analisis Stryktur dan Fungsi. Yogyakarta: Fakultas Sastra dan Kebudayaan UGM.

Tim Pelaksana Proyek dan Dokumentasi Kebudayaan Nasional Bidang Permuseuman. 1972. Katalogus Koleksi Naskah Melayu Museum Pusat Dep. P&K. Jakarta: Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Wijoyo, Ranu Fatah. 2008. "Mengenal Karakteristik Pemimpin" dalam Info Artha Jurnal Informasi Keuangan dan Akuntansi No. 1 Th. VI.

Downloads

Published

2019-08-09

Issue

Section

Articles