Citra Sastra dalam Langendriya: Naskah Pedalangan Wayang Krucil Lalon Damarwulan
DOI:
https://doi.org/10.37014/jumantara.v6i2.299Keywords:
citra sastra, Langendriya, naskah pedalangan, wayang krucil, lakon, damarwulanAbstract
Tujuan penelitian ini ialah pengungkapan secara filologis terhadap salah satu naskah sambutan lakon Damarwulan, yakni Langendriya. Ihwal ini dilanjutkan dengan pengungkapan citra sastra dalam Langendriya sebagai sebuah karya sastra yang memiliki dunianya sendiri. Simpulan dari penelitian ini ialah sebagai berikut, Langendriya yang terdiri atas tujuh jilid --Seri No. 821 s.d. Seri No. 821f-- merupakan naskah versi cetak dari naskah tulis Langendriyan Yogya yang juga terdiri dari tujuh jilid -- jilid I s.d. jilid VII--. LND --Langendriya Serie No. 821e-- merupakan salah satu jilid dari naskah cetak Langendriya, dalam versi tulisnya, naskah cetak ini merupakan naskah Langendriyan Yogya jilid enam koleksi Perpustaakan UI yang hilang. Lakon besar LND mengenai kedatangan raja Wandhan ke Majapahit --Ratu Wandhan dhateng Majapahit--, yang pengisahannya dimulai dari penobatan Raden Buntaran dan Raden Watangan sebagai penguasa Tuban dan Daha --Kediri-- oleh Raden Damarwulan dan diakhiri dengan pertempuran prajurit Wandhan dengan prajurit Majapahit yang dimenangkan oleh pihak Majapahit. Citra sastra LND tampak pada tiga lapisan norma, yakni (1) lapis bunyi (sound stratum), yang terdiri atas irama, persajakan, serta eufoni dan kakofoni; (2) lapis arti (units of meaning), terdiri atas diksi, faktor ketatabahasaan, serta gaya bahasa --majas--; dan (3) lapis ‘dunia’ yang digambarkan pengarang, antara lain latar, pelaku atau tokoh, objek-objek yang dikemukakan, serta tema dan amanat.References
Behrend, T.E. 1990. Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Jilid 1: Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Jakarta: Penerbit Djambatan.
______. 1998. Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Jilid 4: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia Ecole Francaise D"™extreme Orient.
Behrend, T.E. dan Titik Pudjiastuti. 1997. Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Jilid 3-A: Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia Ecole Francaise D"™extreme Orient.
______. 1997. Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Jilid 3-B: Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia Ecole Francaise D"™extreme Orient.
Ekadjati, Edi S dan Undang A. Darsa. 1999. Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Jilid 5A: Jawa Barat Koleksi Koleksi Lima Lembaga. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia Ecole Francaise D"™extreme Orient.
Langendriya seri no. 821. 1938. Jakarta: Balai Pustaka.
_______ seri no. 821a. 1938. Jakarta: Balai Pustaka.
_______ seri no. 821b. 1938. Jakarta: Balai Pustaka.
_______ seri no. 821c. 1938. Jakarta: Balai Pustaka.
_______ seri no. 821d. 1938. Jakarta: Balai Pustaka.
_______ seri no. 821 e. 1938. Jakarta: Balai Pustaka.
_______ seri no. 821f. 1938. Jakarta: Balai Pustaka.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2007. Pengkajian puisi: analisis strata norma dan analisis struktural dan semiotik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Saktimulya, Sri Ratna (Penyunting). 2005. Katalog Naskah-naskah: Perpustakaan Pura Pakualaman. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia-The Toyota Foundation.
Wellek, Rene dan Austin Waren. 1989. Teori Kesusastraan. Diterjemahkan oleh Melani Budianta. Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- This statement is the author's commitment to respect copyright, both in terms of citing other people's work and utilizing journal content. If necessary, the author can send an Authenticity Statement of Article stating that "this work is the author's original idea and has never been sent to another publisher and published in any publication"
- The author retains copyright.
- The moral rights of publication belong to the author.
- Formal legal aspects in the use of journal publications refer to the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) license, which means that journal content can be used freely for any purpose.