Ningrumkusumah: Gambaran Kesempurnaan Seorang Wanita

Authors

  • Ruhaliah Ruhaliah Universitas Padjadjaran, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.37014/jumantara.v6i1.316

Keywords:

Wawacan, Ningrumkusumah, Kesempurnaan Perempuan, Pupuh, Pegon, Naskah, Manuskrip

Abstract

Naskah cerita Ningrumkusumah merupakan naskah yang beragam, baik dari segi teks maupun ketebalan naskah. Di dalam sastra Sunda teks cerita Ningrumkusumah dikenal dalam bentuk wawacan, yaitu teks yang dikarang dalam bentuk pupuh, dan pada mulanya dipentaskan dalam pagelaran beluk. Teks ditulis dalam aksara Pegon. Tujuan penelitian ini untuk menelusuri Wawacan Ningrumkusumah dalam khazanah naskah Sunda, penggunaan pupuh, dan peran Ningrumkusumah dalam cerita. Untuk itu dilakukan teknik studi pustaka. Hasil dari penelitian ini yaitu peran Ningrumkusumah sebagai seorang manusia, seorang perempuan, seorang istri, seorang raja, dan seorang ibu. Kelima peran tersebut menjadikannya tokoh utama dalam memperluas wilayah kerajaan. Perjalanannya dimulai dari posisinya sebagai putri patih, istri raja muda, kemudian mendapatkan berbagai cobaan dari yang terringan hingga yang terberat, hingga akhirnya bisa merebut kembali kerajaan dan memperluas kerajaan dengan cara mengalahkan kerajaan yang menyerangnya. Ningrumkusumah digambarkan cantik, bisa membaca dan menulis, sakti, setia, perasa, juga sebagai gambaran perempuan ideal yang dapat dijadikan suri tauladan.

References

Ayatrohaedi, 1992. "Citra Wanita dalam Sastra Sunda" dalam Jurnal Lembaran Sastra Jakarta: FSUI.

Behrend, T. 1998. Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Jilid 4A Koleksi Perpustakaan Nasional. Jakarta: The Ford Foundation.

Daftar Naskah-Naskah PNRI Koleksi Peti 1-142. 1994. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Djajanegara, Soenarjati. 1995. Citra Wanita dalam Lima Novel Terbaik Sinclar Lewis dan Gerakan Wanita di Amerika. Depok: FSUI.

Ekadjati, E. Suhardi. 1988. Naskah Sunda Lama. Bandung: Toyota Foundation bekerja sama dengan Universitas Padjadjaran..

Ruhaliah. 1999. "Wawacan Barjah: Sebuah Kajian Filologis". Tesis. Tidak dipublikasikan. Bandung: Universitas Pajajaran

Ruhaliah. 2007. "Wawacan Ningrumkusumah: Transliterasi dan Terjemahan". Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah FPBS UPI. (belum diterbitkan).

Tessier, Vivianne Sukanda dan Hasan Muarif Ambary.1991. Katalog Raisonne Naskah Jawa Barat I Naskah Islam. Bandung: EFEO.

Downloads

Published

2019-08-09

Issue

Section

Articles