Jatidiri Wanita Aceh dalam Manuskrip

Authors

  • Fakhriati Fakhriati Kementerian Agama RI

DOI:

https://doi.org/10.37014/jumantara.v6i1.312

Keywords:

Wanita Aceh, Naskah Kuno, Identitas, Masyarakat, Agama

Abstract

Wanita menjadi sosok yang disorot, dibahas dan diperlakukan secara khusus dalam masyarakat Aceh, meskipun masih saja banyak belum terungkap ke ruang publik tentang banyak hal menyangkut mereka. Ia tidak hanya dibicarakan dan dibahas dalam diskusi, namun ditulis juga dalam buku-buku, baik buku kontemporer maupun sejarah. Pembahasan tentang wanita juga ditemukan juga dalam manuskrip Aceh. Pembahasan dan pengulasan terhadap watak, sifat, dan bahkan cara memperlakukan wanita dalam keluarga menjadi fokus pembahasan dalam sebagian manuskrip. Artikel ini mencoba menguraikan sifat wanita Aceh yang menggambarkan jati diri yang menunjukkan identitasnya sebagai sosok wanita Aceh, baik dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat dan berbangsa. Bagaimana peran, semangat, dan daya dorong seorang wanita Aceh dalam mengarungi tiga bidang kehidupan tersebut akan didiskusikan dalam artikel ini. Manuskrip yang menjadi fokus kajian artikel ini adalah manuskrip yang ditulis dalam bahasa Aceh, yaitu naskah Burma Intisa, yang saat ini masih disimpan oleh masyarakat Aceh sendiri.

References

Herlinawati, Lina. 2005. "Wacana Perempuan dalam Teks Naskah Purna Alam" dalam Jurnal Penelitian BKSNT Bandung Edisi 31 Juli 2005.

Hermaliza, Essi. 2011. Peumulia Jamee. Seri Informasi Budaya No. 24. Banda Aceh: BPSNT.

Fakhriati, 2012, "Perempuan dalam Manuskrip Aceh; Kajian Teks dan Konteks" dalam Jumantara, Vol. 3.

Kumar, Ann. 2008. Prajurit Perempuan Jawa: Kesaksian Ihwal Istana dan Politik Jawa Akhir Abad ke-18. Depok: Komunitas Bambu.

Rosa, Helvy Tiana. 2006. Tanah Perempuan. Banda Aceh: Lapena.

Siapno, Jacqueline Aquino. 2002. Gender, Islam, Nationalism and the State in Aceh: The Paradox of Power, Co-optation and Resistance. London: Routledge-Curzon.

TWH, Muhammad. 2007. "Siapa Itu? Poeteu Meureuhom dan Putroe Phang" dalam Majalah Jeumala No. 24 Oktober 2007, hal. 11 "“ 13.

Yusuf, Yusri. 2013. Syair Do Da Idi dan Pendidikan Karakter Keacehan. Banda Aceh: Majelis Adat Aceh Provinsi Aceh.

Naskah:

Naskah Burma Intisa

Naskah Siti Islam

Naskah Hikayat Abdurahman

Downloads

Published

2019-08-09

Issue

Section

Articles