Rekonstruksi Kejayaan Islam di Cirebon: Studi Historis pada masa Syarif Hidayatullah (1479-1568)

Authors

  • Mahrus El-Mawa Institut Studi Islam Fahmina, Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.37014/jumantara.v3i1.455

Keywords:

Islam, Cirebon, Syarif Hidayatullah, Studi Historis, Naskah, Manuskrip

Abstract

Dari berbagai sumber tertulis diketahui bahwa pada masa Syarif Hidayatullah peradaban Islam di Cirebon mencapai masa kejayaannya. Tulisan ini merupakan upaya untuk melakukan rekonstruksi sejarah kejayaan peradaban Islam di Cirebon pada era Syarif Hidayatullah (1479-1568), menunjukkan bukti-bukti sejarah peradaban tersebut sebagai bukti kejayaan peradaban Islam di Cirebon, serta mengungkapkan pengaruh Syarif Hidayatullah terhadap perkembangan dakwah Islam di Jawa. Signifikansi tulisan ini untuk menunjukkan adanya pembuktian atau lebih tepatnya penegasan akademik bahwa Syarif Hidayatullah yang lebih populer dengan nama Sunan Gunung Jati itu bukan sekedar tokoh legenda, mitos, atau semacamnya, tetapi bagian dari tokoh historis dan fakta sosial melalui rekonstruksi historis peradaban Islam Nusantara, terutama di Cirebon pada tahun 1479-1568. Secara strategis, tulisan ini diharapkan mampu menjadi kelengkapan khazanah sejarah Islam Indonesia dalam konteks rekonstruksi sejarah Islam Nusantara dan kehidupan keagamaan masyarakat, terutama di Cirebon.

References

Adeng, dkk. (1998). Kota Dagang Cirebon Sebagai Bandar Jalur Sutra, Jakarta: Depdikbud.

Atja (1974). Tjarita Purwaka Tjaruban Nagari (Sedjarah muladjadi Tjirebon), Jakarta: Ikatan Karyawan Meseum.

Bruinessen, Martin van (1999). Kitab Kuning: Pesantren dan Tarekat, Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia. Cet. III. Bandung: Mizan.

Cohen, Matthew Isaac (1997). "An Inheritance from the Friends of God: The Southern Shadow Puppet Theater of West Java, Indonesia". Disertasi. Yale University.

Darkum (2007). "Peranan Walangsungsang dalam Merintis Kesultanan Cirebon 1445-1529". Skripsi UNES Semarang.

Graaf, HJ. De & Th. Pigeaud (2003). Kerajaan Islam Pertama di Jawa: Tinjauan Sejarah Politik Abad XV dan XVI. Penyunting Eko Endarmoko dan Jaap Erkelens. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Djajadiningrat, P.A. Hoesein (1974). "Beberapa Catatan Mengenai Kerajaan Jawa Cerbon pada Abad-Abad Pertama Berdirinja", dalam R.A. Kern dan Husein Djajadiningrat, Masa Awal Kerajaan Cirebon. Jakarta: Bhratara.

Tim IAIN Syarif Hidayatullah (2002) Ensiklopedi Islam Indonesia Jilid I A-H. Cet. II. Jakarta: Djambatan.

Iskandar, Yoseph (2008) Sejarah Jawa Barat (Yuganing Rajakwasa). Cet. X. Bandung: Geger Sunten.

Denzin. K.N. & Lincoln S.Y. (2000) Hand Book of Qualitative Research. United States: Sage Publications Inc.

Kern, R.A. (1974) "Kerajaan Jawa Cerbon pada Abad-Abad Pertama Berdirinya", dalam R.A. Kern dan Husein Djajadiningrat, Masa Awal Kerajaan Cirebon. Jakarta: Bhratara.

al-Maraghi, Abdullah Mustofa (2001) Pakar-Pakar Fiqh Sepanjang Sejarah. Penterj. Husein Muhammad. Yogyakarta: LKPSM.

Masduqi, Zaenal (2010) "Pemerintahan Kota Cirebon (1906-1942)". Tesis. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Munandar, Agus Aris dan Titik Pudjiastuti (1997) "Sumber-Sumber Tekstual tentang Sejarah Cirebon", dalam Susanto Zuhdi, Cirebon sebagai Bandar Jalur Sutra. Jakarta: Depdikbud.

Abdurrachman, Paramita R. (penyunt.) (1982). Cerbon. Jakarta: Sinar Harapan.

El-Saha, Mastuki HS, dan M. Ishom (edit.) (2003). Intelektualisme Pesantren: Potret Tokoh dan Cakrawala Pemikiran di era Pertumbuhan Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.

Siddique, Sharon (1992). Relics of the Past: Sociological Study of the Sultanates of Cirebon West Java, seperti dikutip dalam Marwati Djoened Poesponegoro, Nugroho Notosusanto, Sejarah Nasional Indonesia: Jaman Pertumbuhan dan Perkembangan III. Jakarta: Balai Pustaka.

Smith, Margaret (2001). Mistikus Islam: Ujaran-ujaran dan Karyanya. Penterj. Ribut Wahyudi. Surabaya: Risalah Gusti.

Sulendraningrat, PRA (1985). Sejarah Cirebon. Jakarta: Balai Pustaka.

_______ (2004) Membumikan Wasiat Sunan Gunung Djati Dalam Membangun Jawa Barat Bermartabat. Cirebon: Yayasan Keraton Kasepuhan Cirebon.

Sunyoto, Agus (2011). Wali Songo: Rekonstruksi Sejarah yang Disingkirkan. Jakarta: Transpustaka.

Suprayogo dan Tobroni, Imam (2001). Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Suprapto, Bibit (2009). Ensiklopedi Ulama Nusantara Riwayat Hidup, Karya, dan Sejarah Perjuangan 157 Ulama Nusantara. Jakarta: Gramedia.

Tjandrasasmita, Uka (2009) Arkeologi Islam Nusantara. Jakarta: Pustaka Gramedia.

Wildan, Dadan (2002). Sunan Gunung Jati (Antara Fiksi dan Fakta) Pembumian Islam dengan Pendekatan Struktural dan Kultural. Bandung: Humaniora.

Sigit W (1994) "Perkembangan Pelabuhan Cirebon 1859-1930". Skripsi. Fakultas Sastra UNDIP. Tulisan dapat diakses di http://eprints.undip.ac.id/22079/

Yenne, Bill (2005). 100 Peristiwa yang Berpengaruh di dalam Sejarah Dunia (100 Events That Shaped World History). penterj. Lili Sri Padmawati. [t.k.]: Karisma Publishing Group.

Suntingan/Terbitan Naskah

Babad Tanah Sunda, terbitan Suleman Sulendraningrat dalam Dadan Wildan, Sunan Gunung Jati (Antara Fiksi dan Fakta) Pembumian Islam dengan Pendekatan Struktural dan Kultural, (Bandung: Humaniora, 2002)

Babad Tanah Sunda, terbitan Suleman Sulendraningrat dalam Dadan Wildan, Sunan Gunung Jati (Antara Fiksi dan Fakta) Pembumian Islam dengan Pendekatan Struktural dan Kultural, (Bandung: Humaniora, 2002)

Babad Cirebon, alih aksara dan ringkasan S.Z. Hadisutjipto (Jakarta: Depdikbud, 1979)

Naskah Mertasinga, Sejarah wali Syekh Syarif Hidayatullah Sunan Gunung Jati, alih aksara dan bahasa Amman N. Wahju, (Bandung: Pustaka, 2005)

Naskah Kuningan; Sejarah wali Syekh Syarif Hidayatullah Sunan Gunung Jati, alih aksara dan bahasa Amman N. Wahju, (Bandung: Pustaka, 2007)

Downloads

Published

2019-08-12

Issue

Section

Articles