Ramuan Obat Hangat Kanjeng Sultan Agung Prabu Anyakrakusuma, Kanjeng Sunan Kudus dari Mekah, dan Loloh dalam Pengobatan Tradisional Naskah Nusantara Berdasarkan pada Naskah Buku Jampi Koleksi Perpustakaan Pura Pakualaman

Veronica Anindhia Dewi Pravita

Abstract


Menurut ilmu Antropologi, kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar (Koentjaraningrat, 1990 : 180). “Budaya “ adalah “daya dari budi” yang berupa cipta, karsa, dan rasa , sedangkan “kebudayaan” adalah hasil dari cipta, karsa, dan rasa itu sendiri (Koentjaraningrat, 1990 : 182). Kebudayaan lama yang sudah ada beberapa abad yang lampau dapat dikenal kembali dalam bermacam-macam bentuk antara lain dalam bentuk tulisan yang terdapat pada batu, candi-candi, atau peninggalan purbakala yang lain, dan naskah-naskah. Peninggalan suatu kebudayaan yang berupa naskah merupakan dokumen bangsa yang paling menarik bagi peneliti kebudayaan lama karena memiliki kelebihan, yaitu memberi informasi yang luas dibandingkan peninggalan yang berbentuk puing bangunan besar seperti candi, istana raja dan pemandian suci (Soebadio, 1975 : 1). Dalam naskah-naskah tersebut dimuat berbagai macam informasi mengenai cerita sejarah, silsilah peradaban para raja, hukum dan peraturan, agama, primbon, tari-tarian, musik, adat istiadat, bahasa, piwulang, maupun kesehatan. Buku jampi (selanjutnya disingkat BK) ini merupakan buku milik Gusti Adipati Anem yang berisi tentang resep-resep jamu dan param lengkap dengan cara pembuatannya. Di antara resep-resep tersebut terdapat ramuan untuk bayi, racikan jamu penambah kekuatan daya tahan tubuh, obat hangat yang diberkahi oleh Sultan Agung, serta jamu dengan berkah dari Sunan Kudus.

Keywords


Buku Jampi; ramuan obat; Sultan Agung; Sunan Kudus; pengobatan tradisional; naskah kuno; manuskrip

Full Text:

PDF

References


Koentjaraningrat, Prof. Dr. 1990. Pengantar Ilmu Antropologi. Cetakan Kedelapan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia : J.E. Wolters ‘Uitgevers Maat Schappij N.V. Groningen.

Raras Alit, Paksi. 2009. “Buku Jampi (Suntingan Teks dan Terjemahan)”. Skripsi S-1 Jurusan Sastra Nusantara Universitas Gadjah Mada.

Soebadio, Haryati. 1975. “Penelitian Naskah lama Indonesia”. Bulletin Yaperna, No : 7-11 Juni.




DOI: https://doi.org/10.37014/jumantara.v2i2.141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jumantara: Jurnal Manuskrip Nusantara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Sekretariat:
Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara
 - Perpustakaan Nasional RI
Jalan Medan Merdeka Selatan, Nomor 11, Jakarta Pusat