Peran Perpustakaan Dalam Mencerdaskan Penggunanya Melalui Teknologi Informasi

Authors

  • Syamsu Alam H Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v14i3&4.985

Keywords:

perpustakaan, pemustaka, TIK

Abstract

Perpustakaan sebagai penyedia dan penyebar informasi belum terlalu dikenal oleh banyak kalangan dan lapisan masyarakat. Masyarakat lebih mengenal penyedia dan penyebar informasi seperti media massa atau media tercetak yang ada. Sebagai orang dibalik perpustakaan, pustakawan ke depan sebagai pengelola sumber informasi merupakan peluang, tantangan, pemicu dan kemandirian untuk membuat terobosan, berkreatifitas untuk keluar sebagai yang terbaik. Kompetensi profesional adalah penguasaan keterampilan tentang sumber daya informasi, pengelola informasi dalam memberikan jasa informasi kepada pengguna. Pustakawan dalam mengelola perpustakaan harus produktif, kreatif termasuk mengadakan promosi, orientasi kepada masyarakat untuk memasyarakatkan perpustakaan. Dalam promosi dan orientasi perpustakaan harus direncanakan dengan matang dan yang harus diperhatikan antara lain: apa yang akan dipromosikan, siapa yang akan menyampaikan, dan metode penyampaian, dan metode penyampaian promosi dan media apa yang dipakai. Sehingga peran dan layanan perpustakaan dalam mencerdaskan penggunannya dapat dirasakan oleh berbagai kalangan masyarakat secara cepat dan tepat.

References

Buchari, Moachtar, Pendidikan Antisipatoris. Yogyakarta, Kanisius. 2001.

Buku Panduan Unit Pelayanan Teknis. Perpustakaan Universitas Hasanuddin Tahun 2005. Makassar. Unit Pelayanan Teknis. Perpustakaan Unhas. 2005.

Hanson, Ward. Pemasaran Internet (Principels of Internet Marketing). Jakarta. Salemba Empat 2000.

Lukman. Membangun Citra perpustakaan melalui Profesionalisme Pustakawan. Jupiter Unit Pelayanan Teknis. Perpustakaan Unhas, Makassar. 2006, Maret IV (1).

Noor, Alfian, Akses Informasi Melalui Internet menuju Kompetensi baru Ahli perpustakaan. Jurusan Kimia Fakultas MIPA Unhas. Makassar. 2004.

Saleh, Noor Jihad. Program Orientasi perpustakaan Bagi Mahasiswa baru. Identitas Unhas. Makassar 2005, Desember, 629 (XXXI).

Sekretariat Jenderal Dalam Pendidikan Dinamika Pembangunan Pendidikan Nasional. Departemen pendidikan Nasional. Jakarta. 2004.

Tokhein, Roger L. Elektronika Digital Edisi Kedua. Jakarta. Erlangga. 2001.

Tung, Khoe Yao. Teknologi jaringin Internet. Yogyakarta. Andi. 2002.

Downloads

Published

2020-05-27

How to Cite

H, S. A. (2020). Peran Perpustakaan Dalam Mencerdaskan Penggunanya Melalui Teknologi Informasi. Media Pustakawan, 14(3&4), 116–126. https://doi.org/10.37014/medpus.v14i3&4.985

Issue

Section

Articles