Pendidikan Berbasis Perpustakaan Menuju Pendidikan Yang Berbudaya Membaca

Authors

  • Romi Febriyanto Saputro Perpustakaan Umum Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sragen

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v14i3&4.979

Keywords:

perpustakaan, pendidikan, budaya baca

Abstract

Pendidikan berbasis perpustakaan dapat menumbuhkembangkan budaya perpustakaan, seperti: membaca, menulis, menelusuri data dan menganalisis data. Selama ini pendidikan didominasi kegiatan transfer ilmu dari pendidik kepada peserta didik tanpa dilatih untuk berpikir kritis, akibatnya proses belajar mengajar berjalan tanpa dijiwai budaya membaca. Perkembangan ilmu pengetahuan tidak mungkin lagi dikuasai melalui proses mendengar atau proses transisi dari guru, tetapi juga melalui proses membaca terutama di perpustakaan. Perpustakaan memberikan ruang bagi peserta didik untuk melakukan (active learning) belajar aktif, (interpretation) interprestasi, (make sense) masuk akal, (negotiation) pertukaran pikiran, (cooperative) kerjasama, dan (inquiry) menyelidiki. Siswa dapat melaksanakan konsep belajar mengetahui (learning to know), belajar melakukan (learning to do), belajar hidup dalam kebersamaan (learning to live together), belajar menjadi diri sendiri (learning to be); dan belajar seumur hidup (life long learning).

References

Gardner, Howard. 1983. Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosda Karya

Sudono, Anggani. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan Anak Pendidikan Usia Dini, Jakarta: Grasindo, 2000.

Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Suyanto dan Hisyam, Djihad. 2000. Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III, Yogyakarta: Adicita

Tilaar, H.A.R. 1999. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21, Magelang: Indonesia Tera.

Downloads

Published

2020-05-27

How to Cite

Saputro, R. F. (2020). Pendidikan Berbasis Perpustakaan Menuju Pendidikan Yang Berbudaya Membaca. Media Pustakawan, 14(3&4), 127–134. https://doi.org/10.37014/medpus.v14i3&4.979

Issue

Section

Articles