Pendidikan Berbasis Perpustakaan Menuju Pendidikan Yang Berbudaya Membaca
DOI:
https://doi.org/10.37014/medpus.v14i3&4.979Keywords:
perpustakaan, pendidikan, budaya bacaAbstract
Pendidikan berbasis perpustakaan dapat menumbuhkembangkan budaya perpustakaan, seperti: membaca, menulis, menelusuri data dan menganalisis data. Selama ini pendidikan didominasi kegiatan transfer ilmu dari pendidik kepada peserta didik tanpa dilatih untuk berpikir kritis, akibatnya proses belajar mengajar berjalan tanpa dijiwai budaya membaca. Perkembangan ilmu pengetahuan tidak mungkin lagi dikuasai melalui proses mendengar atau proses transisi dari guru, tetapi juga melalui proses membaca terutama di perpustakaan. Perpustakaan memberikan ruang bagi peserta didik untuk melakukan (active learning) belajar aktif, (interpretation) interprestasi, (make sense) masuk akal, (negotiation) pertukaran pikiran, (cooperative) kerjasama, dan (inquiry) menyelidiki. Siswa dapat melaksanakan konsep belajar mengetahui (learning to know), belajar melakukan (learning to do), belajar hidup dalam kebersamaan (learning to live together), belajar menjadi diri sendiri (learning to be); dan belajar seumur hidup (life long learning).References
Gardner, Howard. 1983. Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books
Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosda Karya
Sudono, Anggani. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan Anak Pendidikan Usia Dini, Jakarta: Grasindo, 2000.
Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan Masyarakat, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Suyanto dan Hisyam, Djihad. 2000. Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III, Yogyakarta: Adicita
Tilaar, H.A.R. 1999. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21, Magelang: Indonesia Tera.
Downloads
Published
2020-05-27
How to Cite
Saputro, R. F. (2020). Pendidikan Berbasis Perpustakaan Menuju Pendidikan Yang Berbudaya Membaca. Media Pustakawan, 14(3&4), 127–134. https://doi.org/10.37014/medpus.v14i3&4.979
Issue
Section
Articles