Gambaran Pustakawan Ideal: Cerdas, Luwes dan Suka Menolong

Authors

  • Yunus Yunus Badan Perpustakaan Provinsi Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v14i2.977

Keywords:

pustakawan ideal, cerdas, gambaran

Abstract

Bagi pengguna yang mencari berbagai sumber informasi di perpustakaan, hanya ada satu keinginan, yaitu: disambut seorang pelayan dengan tiga karakteristik andalannya yaitu berpengetahuan luas, pandai menangani keberagaman permintaan apapun dan tulus membantu pemenuhan kebutuhan akan informasi. Latar belakang pendidikan formal pustakawan berkorelasi erat dengan kiprahnya di lapangan di dalam melayani pengguna berbagai lapisan: mahasiswa, dosen, peneliti dan pemerhati perpustakaan lainnya. Idealnya seorang pustakawan memiliki empat belas kriteria, sebagai berikut:  memiliki keterampilan manajerial kepustakawanan, memahami ilmu jiwa dan pendidikan, menanggapi perkembangan teknologi bibliografis, menunjukkan sosoknya sebagai seorang generalis, memiliki kemampuan mengajar melalui komputer, terampil mengolah, mendiversifikasikan, dan memberdayakan informasi berbasis komputer, mampu berkreasi melalui promosi koleksi non-buku, memiliki ketajaman menganalisis makna isi sebuah artikel, buku, atau prosiding seminar, memahami perkembangan masyarakat dan lingkungan, menyadari kelasnya yang tergolong profesional, mendalami informasi dan ilmu komunikasi, terutama untuk menjangkau clientele sebanyak mungkin, memiliki sense of media yang baik, sebagai subject specialist, mampu menampilkan unjuk kerja terpuji dalam menjalin hubungan antar sesama sdi (sumber daya insani). Unsur lain yang tidak kalah pentingnya dengan senarai kemampuan seperti terpapar dimuka adalah kemahiran menggunakan bahasa asing. Semakin profesional seseorang semakin luwes pula cara berfikirnya hal yang kerap berkorelasi dengan muatan psikologis, yaitu kemampuan membaca pola fikir orang lain yang sedang menjadi lawan interaksinya dalam berkomunikasi, bersedia menerima pendapat  orang lain  dan menyesuaikan irama penyampaian gagasannya. 

References

Credaro, AB. 2002. The Ideal Librarian. In Warrior Librarian Weekly. Online melalui http;//warriorlibrarian.com/FOUND/ideallib.html.

Farida, Ade. 2003. Peningkatan Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Berorientasi Pemakai: sebuah alternative. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional FKP2T tanggal 12 Agustus 2003 di IAIN Sunan Ampel, Surabaya.

_____________, 2003. Service excellence. John Robert Powers. Makalah dipresentasi pada Seminar Nasional FKP2T tanggal 12 Agustus di IAIN Sunan Ampel, Surabaya.

_____________, 2004. Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Rusmono, Doddy. 2004. How University Librarians Communicate in English: an Indonesian version of challenge and reality. Makalah dipresentasikan pada Seminar internasional: The 9th English in Southeast Asia Conference "The Texts and Contexts of English Language Studies in Southeast Asia", pada tanggal 13-15 Desember 2004 di Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta. Indonesia.

Seefeldt, J. & Syre, L. 2003. Portals to the Past and to the Future Libraries in Germany. Teks terjemahan oleh Dr. Diann Rush Feja. Hildersheim: George Olms Verlag.

Tjuparmah, Yooke. 2002. Uraian Jabatan Pustakawan dan Non Pustakawan. Direktorat Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Downloads

Published

2020-05-26

How to Cite

Yunus, Y. (2020). Gambaran Pustakawan Ideal: Cerdas, Luwes dan Suka Menolong. Media Pustakawan, 14(2), 100–107. https://doi.org/10.37014/medpus.v14i2.977

Issue

Section

Articles