Kepuasan Pemakai Dan Peningkatan Kualitas Berbasis Pemakai: Pendekatan Manajemen Pemasaran sebagai Paradigma Baru Perpustakaan1
DOI:
https://doi.org/10.37014/medpus.v14i2.974Keywords:
kepuasan pemakai, pemasaran, perpustakaanAbstract
Konsumen adalah raja. Suatu ungkapan yang sangat familiar di telinga dan pikiran semua orang. Pada hakekatnya konsumen yang menghidupi seluruh karyawan. Memahami karakteristik konsumen merupakan hal yang sangat fundamental. Praktik di dunia pemasaran dan jasa tersebut juga terjadi di ranah perpustakaan. Pembeli atau konsumen di perpustakaan disebut pengunjung atau pemakai (user). Perpustakaan harus jeli melihat pasar dan menentukan segmentasi pemakainya. Penggunaan prinsip-prinsip pemasaran sudah merupakan keharusan untuk diterapkan di organisasi nirlaba seperti perpustakaan. Pendekatan pemasaran di perpustakaan beberapa hal yang menjadi pertanyaan utama antara lain: Siapa pemakai utama perpustakaan? Apa yang pemakai inginkan dari layanan perpustakaan? Apa yang dapat dilakukan perpustakaan agar keinginan pemakai terpenuhi? Dan dengan cara apa perpustakaan dapat memenuhi kebutuhan pemakai?. kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (hasil) yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya. metode untuk mengukur kepuasan pemakai, antara lain: Sistem keluhan dan saran, Survei kepuasan pemakai, Ghost shoppin, Analisis kehilangan pemakai (lost customer analysis).ÂReferences
Cook, Colleen and Heath, Fred (2000) User,s perception of library service quality : A LIBQUAL qualitative study: Washington DC: ARL Measuring Service Quality Symposium www.arl.org/libqual/event/oct2000msq/papers/HeatCook/heatcook.html Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana (1998) Total Quality Manajemen, Yogyakarta: Andi Offset
Fandy Tjiptono (2004), Manajemen Pemasaran Jasa, Yogyakarta: Andi Offset
Hermawan Kertajaya The 10 Credos of Compassionate Marketing (www.markplusnco.com)
Kotler, Philip (1997) Manajemen Pemasaran jilid I, Jakarta: PT Prenhallindo
Mulyadi (2001), Alat manajemen kontemporer untuk pelipatgandaan kinerja keuangan perusahaan: Balance scorecard, Jakarta: Salemba Empat
Renborg, Greta (1997) Marketing Library Service. How it all began (s.l.) 63rd IFLA General Conference- (www.ifla.org/IV/ifla63reng.htm)
Trahn, Isabella [et al.] (2001); Analysing The Quality Gap: Reflections on results from an Australasian University 21 libraries standars survey of service quality; Australian Library and Information Association (www.seven-sisters.com/B0008171YU.shtml)