Peningkatan Kualitas Layanan Perpustakaan yang Berorientasi Pada Kepuasan Pemakai
DOI:
https://doi.org/10.37014/medpus.v14i1.969Keywords:
layanan, evaluasi, kualitas, perpustakaanAbstract
Perpustakaan dituntut untuk dapat menerapkan strategi layanan yang berorientasi kepada pemakai dalam upaya memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasa kepada pemakai. Kepuasaan pemakai perlu diperhatikan lebih karena adanya keluhan berkaitan dengan kinerja perpustakaan. Ketidakmampuan perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan pemakai akan berakibat tidak tercapainya kepuasan, menurunnya minat serta hilangnya kepercayaan pemakai terhadap kinerja perpustakaan dan pada akhirnya dapat merusak citra perpustakaan sebagai pusat informasi.Tingkat kepuasan dapat dijabarkan sebagai suatu keadaan terpenuhinya kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggan yang dilayani melalui layanan yang diberikan. Menggunakan perhitungan rasio persamaan dengan rumus Z=X/Y. Selain itu terdapat lima unsur untuk mengukur kualitas layanan yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik.Untuk bisa memberikan kepuasan kepada pemakai, idealnya perpustakaan secara konsisten mengadakan evaluasi dan riset terus menerus agar bisa mengukur kualitas layanan yang diberikan. Salah satu tolak ukur keberhasilan sebuah perpustakaan dapat dilihat dari aspek komunikasi. Perpustakaan dikategorikan berhasil dalam memberikan layanan bila kontak dengan pemakai tetap terjaga, sebaliknya dianggap gagal bila komunikasi dengan pemakai tidak jalan. Karena itu perpustakaan dituntut aktif dalam membina hubungan dengan pemakai. Keluhan pemakai sekecil apapun harus segera ditanggapi secara serius oleh manajemen perpustakaan untuk segera bisa dilakukan perbaikan.References
Fitzsimmons, A.A. dan Fitzsimmons, M.J. 1994. Measuring Service Quality: Reexam-nination dan Extention. Journal of Marketing. Vol .56 (July): 55:68
Gasperz, Vincent. 1997. Manajemen Kualitas: Penerapan Konsep-konsep Kualitas Dalam Manajemen Bisnis. Jakarta: Gramedia
Gronroos, Christian. 1990. Service Management and Marketing. Toronto: Lexington Books.
Kotler, Philip. 1995. Strategi Pemasaran untuk Organisasi Nirlaba. Yogykarta: Gadjah Mada University Press.
Schnaars, S.P. 1998. Marketing Strategy: Customers and Competitions. Edisi kedua, New York: Free Press.
Soepranto, J.1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta
Sulistyanto, Edy. 2001. "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat Terhadap layanan Sertifikat Tanah (Studi di kantor Pertanahan Kota Semarang)". Kritis: Jurnal Studi Pembangunan Interdisiplin. Salatiga: Program Pasca Sarjana UKSW
Sutopo. 2000. Pelayanan Prima. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara
Suyono, Bambang. 2001. Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Administratif terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Ilmu Pengetahuan Sosial Tahun 35 Nomor 2 Desember 2001. Malang: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
The Liang Gie. 1987. Etika Administrasi Pemerintahan. Jakarta: Karunia.
Tjiptono, Fandy. 1997. Total Quality Management. Yogyakarta: Penerbit Andi
------------------ . 1998. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi