Peningkatan Kualitas Layanan Perpustakaan yang Berorientasi Pada Kepuasan Pemakai

Authors

  • Hari Santoso Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v14i1.969

Keywords:

layanan, evaluasi, kualitas, perpustakaan

Abstract

Perpustakaan dituntut untuk dapat menerapkan strategi layanan yang berorientasi kepada pemakai dalam upaya memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasa kepada pemakai. Kepuasaan pemakai perlu diperhatikan lebih karena adanya keluhan berkaitan dengan kinerja perpustakaan. Ketidakmampuan perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan pemakai akan berakibat tidak tercapainya kepuasan, menurunnya minat serta hilangnya kepercayaan pemakai terhadap kinerja perpustakaan dan pada akhirnya dapat merusak citra perpustakaan sebagai pusat informasi.Tingkat kepuasan dapat dijabarkan sebagai suatu keadaan terpenuhinya kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggan yang dilayani melalui layanan yang diberikan. Menggunakan perhitungan rasio persamaan dengan rumus Z=X/Y. Selain itu terdapat lima unsur untuk mengukur kualitas layanan yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik.Untuk bisa memberikan kepuasan kepada pemakai, idealnya perpustakaan secara konsisten mengadakan evaluasi dan riset terus menerus agar bisa mengukur kualitas layanan yang diberikan. Salah satu tolak ukur keberhasilan sebuah perpustakaan dapat dilihat dari aspek komunikasi. Perpustakaan dikategorikan berhasil dalam memberikan layanan bila kontak dengan pemakai tetap terjaga, sebaliknya dianggap gagal bila komunikasi dengan pemakai tidak jalan. Karena itu perpustakaan dituntut aktif dalam membina hubungan dengan pemakai. Keluhan pemakai sekecil apapun harus segera ditanggapi secara serius oleh manajemen perpustakaan untuk segera bisa dilakukan perbaikan.

Author Biography

Hari Santoso, Universitas Negeri Malang

Pustakawan Madya

References

Fitzsimmons, A.A. dan Fitzsimmons, M.J. 1994. Measuring Service Quality: Reexam-nination dan Extention. Journal of Marketing. Vol .56 (July): 55:68

Gasperz, Vincent. 1997. Manajemen Kualitas: Penerapan Konsep-konsep Kualitas Dalam Manajemen Bisnis. Jakarta: Gramedia

Gronroos, Christian. 1990. Service Management and Marketing. Toronto: Lexington Books.

Kotler, Philip. 1995. Strategi Pemasaran untuk Organisasi Nirlaba. Yogykarta: Gadjah Mada University Press.

Schnaars, S.P. 1998. Marketing Strategy: Customers and Competitions. Edisi kedua, New York: Free Press.

Soepranto, J.1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta

Sulistyanto, Edy. 2001. "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat Terhadap layanan Sertifikat Tanah (Studi di kantor Pertanahan Kota Semarang)". Kritis: Jurnal Studi Pembangunan Interdisiplin. Salatiga: Program Pasca Sarjana UKSW

Sutopo. 2000. Pelayanan Prima. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara

Suyono, Bambang. 2001. Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Administratif terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Ilmu Pengetahuan Sosial Tahun 35 Nomor 2 Desember 2001. Malang: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

The Liang Gie. 1987. Etika Administrasi Pemerintahan. Jakarta: Karunia.

Tjiptono, Fandy. 1997. Total Quality Management. Yogyakarta: Penerbit Andi

------------------ . 1998. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi

Downloads

Published

2020-05-22

How to Cite

Santoso, H. (2020). Peningkatan Kualitas Layanan Perpustakaan yang Berorientasi Pada Kepuasan Pemakai. Media Pustakawan, 14(1), 44–52. https://doi.org/10.37014/medpus.v14i1.969

Issue

Section

Articles