Keberaksaraan Informasi (Information Literacy) Sebagai Program Peningkatan Kualitas Pengguna Perpustakaan
DOI:
https://doi.org/10.37014/medpus.v14i1.966Keywords:
informasi, literasi, program, perpustakaanAbstract
Keberaksaraan Informasi (information literacy) merupakan prasyarat bagi masyarakat maju dan sangat penting untuk pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning) dalam semua disiplin ilmu dan semua tahap dan jenjang pendidikan di masa sekarang. Keberaksaraan Informasi diperlukan karena adanya perkembangan akses dan sumber informasi sebagai dampak meluasnya aplikasi teknologi informasi dan komunikasi. Individu-individu dihadapkan pada keanekaragaman pilihan informasi yang ada di mana pun mereka berada, ditempat belajar, di tempat kerja maupun tempat tinggal mereka. Informasi berkembang melalui berbagai sumber baik perorangan, organisasi masyarakat, organisasi pemerintah, perpustakaan, internet dan lain sebagainya. Bentuk informasi tersebut tersebar dalam berbagai bentuk baik cetak maupun digital multimedia seperti teks, gambar, audio, video, animasi, hyperlingking. Informasi berkembang secara cepat dan menjadi tidak tersaring lagi. Perkembangan ini memunculkan banyak pertanyaan seputar keotentikan, validitas dan reliabilitas datanya. Keadaan ini mengundang tantangan khusus dalam mengevaluasi, memahami dan menggunakan informasi dalam lingkup etika dan legalitas. Kualitas informasi yang tidak pasti dan kuantitasnya yang semakin meluas juga mengundang tantangan besar dalam masyarakat. Keberagaman informasi dan teknologi tidak akan menciptakan masyarakat yang lebih berpengatahuan dalam informasi tanpa adanya suatu pemahaman dan kapasitas menyeluruh dalam menggunakan informasi secara efektif dan efisien. Layanan bimbingan pengguna dalam mendayagunakan informasi yang berasal dari berbagai sumber media menggunakan sarana teknologi informasi seperti program â€Keberaksaraan Informasi†merupakan salah satu tugas pokok perpustakaan yang sudah saatnya diberikan. Keterlibatan perpustakaan dalam proses pembelajaran memberikan peluang pustakawan sebagai mitra pengajar maupun pembelajar dengan memfasilitasi keterpaduan informasi digital ke dalam standar atau kurikulum pembelajaran Keberaksaraan Informasi dengan menawarkan jasa dan keahliannya dalam memberikan keterampilan informasi kepada masyarakat pengguna perpustakaan (pembelajar).References
http://library.usu.ac.id/download/lib/Memberdayakan.html
Information literacy competency standards for higher education ACRL.The Association of College and Research Libraries Chicago 2000
Information Literacy Standards. First edition. Council of Australian University Librarians. Canberra 2001
Information Literacy: dimana kita? Suatu analisis berdasarkan pendekatan "Grounded Theory". Mustaffa, Samsiah, Hj. www.kelantan.gov.my/kbtc/jabatan/JPP/kertaskajian/sam.doc
Internet: Strategi Penggunaannya Di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Siregar, Ridwan. http://library.usu.ac.id/download/lib/internet.html
Indrajit, Richardus Eko. Teknik Searching Efektif di Internet. Memanfaatkan dunia maya untuk menambah ilmu pengetahuan dan kwalitas personal. E-book.
Memberdayakan Masyarakat Melalui Perpustakaan: Suatu Tinjauan tentang Peran Perpustakaan Umum. Siregar, Ridwan. A.
Naskah Akademis Rancangan Undang-undang Perpustakaan. Perpustakaan Nasional RI 2006
Pengemasan dan Pemasaran Informasi: Pengalaman PDII-LIPI. Djatin, Jusni dan Sri Hartinah. www.consal.org.sg/webupload/forums/attachments/2277.doc
Peran Perpustakaan Umum Dalam Mendukung Program Pengetahuan dan Pembelajaran Masyarakat. Kamil, Harkrisyati. www.britishcouncil.org/id/indonesia-information-kmdiscussion-minutes.pdf
Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi sebagai Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Lin, Diao Ai. www.aptik.or.id/artikel/peranperpustakaanterbaru.doc
Proyek Jaringan Virtual Perpustakaan Universitas Kristen di Indonesia.: InCU-VL. Rahardjo, Arlinah I. http://incuvl.petra.ac.id/vision/proyek.htm
Presidential committee on information literacy. Final report American Library Association.American Library Association, Chicago 1989 www.ala.org/acrl/nili/ilit1st.html
Teaching Information Literacy: The Big Six Skills Approach to Information Problem Solving. www.itrc.ucf.edu/webcamp/final_projects/barney/big6.html