Keberaksaraan Informasi (Information Literacy) Sebagai Program Peningkatan Kualitas Pengguna Perpustakaan

Ikhwan Arif

Abstract


Keberaksaraan Informasi (information literacy) merupakan prasyarat bagi masyarakat maju dan sangat penting untuk pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning) dalam semua disiplin ilmu dan semua tahap dan jenjang pendidikan di masa sekarang. Keberaksaraan Informasi diperlukan karena adanya perkembangan akses dan sumber informasi sebagai dampak meluasnya aplikasi teknologi informasi dan komunikasi. Individu-individu dihadapkan pada keanekaragaman pilihan informasi yang ada di mana pun mereka berada, ditempat belajar, di tempat kerja maupun tempat tinggal mereka. Informasi berkembang melalui berbagai sumber baik perorangan, organisasi masyarakat, organisasi pemerintah, perpustakaan, internet dan lain sebagainya. Bentuk informasi tersebut tersebar dalam berbagai bentuk baik cetak maupun digital multimedia seperti teks, gambar, audio, video, animasi, hyperlingking. Informasi berkembang secara cepat dan menjadi tidak tersaring lagi. Perkembangan ini memunculkan banyak pertanyaan seputar keotentikan, validitas dan reliabilitas datanya. Keadaan ini mengundang tantangan khusus dalam mengevaluasi, memahami dan menggunakan informasi dalam lingkup etika dan legalitas. Kualitas informasi yang tidak pasti dan kuantitasnya yang semakin meluas juga mengundang tantangan besar dalam masyarakat. Keberagaman informasi dan teknologi tidak akan menciptakan masyarakat yang lebih berpengatahuan dalam informasi tanpa adanya suatu pemahaman dan kapasitas menyeluruh dalam menggunakan informasi secara efektif dan efisien. Layanan bimbingan pengguna dalam mendayagunakan informasi yang berasal dari berbagai sumber media menggunakan sarana teknologi informasi seperti program ”Keberaksaraan Informasi” merupakan salah satu tugas pokok perpustakaan yang sudah saatnya diberikan. Keterlibatan perpustakaan dalam proses pembelajaran memberikan peluang pustakawan sebagai mitra pengajar maupun pembelajar dengan memfasilitasi keterpaduan informasi digital ke dalam standar atau kurikulum pembelajaran Keberaksaraan Informasi dengan menawarkan jasa dan keahliannya dalam memberikan keterampilan informasi kepada masyarakat pengguna perpustakaan (pembelajar).


Keywords


informasi; literasi; program; perpustakaan

Full Text:

PDF

References


http://library.usu.ac.id/download/lib/Memberdayakan.html

Information literacy competency standards for higher education ACRL.The Association of College and Research Libraries Chicago 2000

Information Literacy Standards. First edition. Council of Australian University Librarians. Canberra 2001

Information Literacy: dimana kita? Suatu analisis berdasarkan pendekatan “Grounded Theory”. Mustaffa, Samsiah, Hj. www.kelantan.gov.my/kbtc/jabatan/JPP/kertaskajian/sam.doc

Internet: Strategi Penggunaannya Di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Siregar, Ridwan. http://library.usu.ac.id/download/lib/internet.html

Indrajit, Richardus Eko. Teknik Searching Efektif di Internet. Memanfaatkan dunia maya untuk menambah ilmu pengetahuan dan kwalitas personal. E-book.

Memberdayakan Masyarakat Melalui Perpustakaan: Suatu Tinjauan tentang Peran Perpustakaan Umum. Siregar, Ridwan. A.

Naskah Akademis Rancangan Undang-undang Perpustakaan. Perpustakaan Nasional RI 2006

Pengemasan dan Pemasaran Informasi: Pengalaman PDII-LIPI. Djatin, Jusni dan Sri Hartinah. www.consal.org.sg/webupload/forums/attachments/2277.doc

Peran Perpustakaan Umum Dalam Mendukung Program Pengetahuan dan Pembelajaran Masyarakat. Kamil, Harkrisyati. www.britishcouncil.org/id/indonesia-information-kmdiscussion-minutes.pdf

Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi sebagai Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Lin, Diao Ai. www.aptik.or.id/artikel/peranperpustakaanterbaru.doc

Proyek Jaringan Virtual Perpustakaan Universitas Kristen di Indonesia.: InCU-VL. Rahardjo, Arlinah I. http://incuvl.petra.ac.id/vision/proyek.htm

Presidential committee on information literacy. Final report American Library Association.American Library Association, Chicago 1989 www.ala.org/acrl/nili/ilit1st.html

Teaching Information Literacy: The Big Six Skills Approach to Information Problem Solving. www.itrc.ucf.edu/webcamp/final_projects/barney/big6.html




DOI: https://doi.org/10.37014/medpus.v14i1.966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Media Pustakawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright Jurnal Media Pustakawan (e-ISSN:2685-3396), p-ISSN:0852-9248).