Peran Sekolah Menulis Mata Aksara dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Sekitar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v27i2.955

Keywords:

Sekolah Menulis, Minat Baca, Taman Bacaan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Sekolah Menulis Mata Aksara dalam meningkatkan minat baca masyarakat sekitar. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini merupakan masalah sosial yang berkaitan dengan sebuah perilaku manusia, sehingga desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti mengambil tiga orang informan, yaitu penggagas program Sekolah Menulis Mata Aksara sebagai penanggung-jawab kegiatan, dan dua peserta Sekolah Menulis Mata Aksara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data dengan reduksi data, model data, dan verifikasi simpulan. Dalam penelitian ini uji keabsahan data menggunan cara member checking, yaitu dengan cara melakukan konfrontasi kembali kepada para informan mengenai data yang telah diperoleh. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Menulis Mata Aksara telah memberikan kontribusi pada peningkatan minat baca masyarakat, utamanya pelajar melalui kegiatan pelatihan menulis. Adapun hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya rasa ingin tahu, potret kondisi lingkungan yang representatif untuk kegiatan membaca, ketersediaan alokasi waktu luang yang cukup untuk membaca, motivasi membaca yang kuat dari para peserta kegiatan, dan adanya motivasi yang kuat dari lingkungan.

Author Biographies

Nazzatul Farhanah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman

Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman

Thoriq Tri Prabowo, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Dosen Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

References

Arumdini, S., Winoto, Y. & Anwar, R. K. (2016). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Minat Baca Anak. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 4(2), 171-178. https://doi.org/10.24198/jkip.v4i2.8430.

Dwiyantoro. (2019). Peran Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara dalam Menumbuhkan Minat Baca pada Masyarakat. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 19-32. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.14430.

Kalida, M. & Mursyid, M. (2014). Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). NSPK (Norma, Standar, Prosedur, Dan Kriteria) Petunjuk Teknis Pengajuan, Penyaluran dan Pengelolaan Bantuan Taman Bacaan Masyarakat Rintisan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prabowo, T. T. (2019). Komunikasi Efektif pada Bahasa Tubuh Pustakawan. Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 7(1), 1-11. https://10.24252/kah.v7i1a1.

Pratiwi, P. S. (2020, 5 11). Minat Baca Masyarakat Indonesia Masih Rendah. Retrieved from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180326160959-282-285982/minat-baca-masyarakat-indonesia-masih-rendah.

Rohmaniyah & Marwiyah. (2020). Peranan Taman Bacaan Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta. Media Pustakawan, 27(1), 14-25. https://doi.org/10.37014/medpus.v27i1.668.

RM, A., Prijana & Sukaesih. (2015). Potensi Membaca Buku Teks: Studi Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 3(1), 81-88. https://doi.org/10.24198/jkip.v3i1.9491.

Saepudin, E. (2015). Tingkat Budaya Membaca Masyarakat (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kabupaten Bandung). Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 3(2), 271-282. https://doi.org/10.24198/jkip.v3i2.10003.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tim TBM Mata Aksara. (2014). Menebar Kekayaan Fikir dan Hati: Program Sekolah Menulis Mata Aksara. Yogyakarta: Mata Aksara Publishing.

Tim TBM Mata Aksara. 2014. Aksara, Cinta dan Cita: Mengenal Lebih Dekat Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara. Yogyakarta: Mata Aksara Publishing.

Yuliyanto, Y. & Irhandayaningsih, A. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Taman Baca Masyarakat (TBM): Studi Kasus di Desa Pledokan Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. ANUVA, 3(4), 377-386. https://10.14710/anuva.3.4.377-386.

Downloads

Published

2020-10-11

How to Cite

Farhanah, N., & Prabowo, T. T. (2020). Peran Sekolah Menulis Mata Aksara dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Sekitar. Media Pustakawan, 27(2), 151–159. https://doi.org/10.37014/medpus.v27i2.955

Issue

Section

Articles