Keberaksaraan Informasi Menuju Pemahaman Dunia Informasi

Authors

  • Purwono Purwono Universitas Gajah Mada

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v15i3.948

Keywords:

keberaksaraan, informasi, dunia informasi

Abstract

Keberaksaraan informasi adalah pernyataan yang menggambarkan tingkat keterampilan yang harus dipenuhi guna memperlakukan informasi secara efektif. Keberaksaraan informasi sangat dibutuhkan dalam mendapatkan pasar kerja termasuk di dalamnya kemampuan menelusur pada waktu yang tepat dan menentukan pilihan terbaik informasi yang dipakai dalam sejumlah situasi. Tujuan tulisan ini adalah memberikan pandangan bagaimana informasi diciptakan, disusun dan diorganisasikan sehingga kegiatan penemuan informasi yang dibutuhkan dapat di kelola dengan baik. Sejak dasawarsa terakhir, perkembangan teknologi dan akses internet memperkuat masyarakat kita dalam bidang informasi. Dengan temuan pangkalan data (database) komputer, jaringan, dan inovasi teknologi lain yang memfasilitasi temu kembali informasi, penyimpanan informasi telah diperkuat pada tingkat yang sangat tinggi. Era informasi ini telah menghasilkan banyak data. Keahlian dalam penelusuran dan penyortiran informasi merupakan suatu keperluan, baik individu maupun bisnis untuk bersaing dalam pasar internasional.

References

Anis Masruri dan Sri Rohyanti Zualikha (Ed.). Coursepack on school/teacher librarianship (Kumpulan artikel tentang perpustakaan sekolah/guru pustakawan). Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fak. Adab UIN-Suka, 2006.

Bruce, C.S. and Candy, P. (Eds.) Information literacy around the world: advances in programs and research. Centre for Information Studies, Charles Sturt University, 2000.

International encyclopedia of information and library science. Edited by John Feather and paul Sturges. London: Routledge, 2003.

Oman, J.N. "Information literacy in the workplace". Information outlook, (June) 2001: 33-43.

Outline of the Information Literacy Modules. http://www.lassierra.edu/library/core101/index.html-6k-Cached-similar page

Reading International ReadingAssociation. http://www.reading.org/publications/rty/0401 familyfoundation.html. 1/2/2002

Stripling, B. (Ed.) Learning and libraries in an information age: principles and practices. Englewood: Colorado, 1999.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Purwono, P. (2020). Keberaksaraan Informasi Menuju Pemahaman Dunia Informasi. Media Pustakawan, 15(3), 82–93. https://doi.org/10.37014/medpus.v15i3.948

Issue

Section

Articles