Good Governance: Perannya Dalam Membangun Public Trust Dalam Kepemimpinan Perpustakaan Perguruan Tinggi

Authors

  • Edy Pranoto Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v15i3.947

Keywords:

good governance, public trust, kepemimpinan, perpustakaan perguruan tinggi

Abstract

Good governance adalah wujud pemerintahan yang dilakukan oleh pimpinan, sedangkan public trust dalam tulisan ini dimaksudkan sebagai sikap yang ditunjukkan bawahan terhadap pimpinannya kendatipun public trust merupakan istilah yang sebenarnya digunakan untuk masyarakat luas. Tulisan ini akan menjelaskan bagaimana hubungan sebab-akibat tersebut dalam kepemimpinan perpustakaan perguruan tinggi. Dengan harapan bahwa pimpinan perpustakaan perguruan tinggi dapat menata dan mengevaluasi dirinya, agar public trust tercipta dalam kepemimpinannya sehingga memperlancar pelaksanaan program yang dicanangkan sesuai visi dan misi yang diembannya. Pimpinan perpustakaan perguruan tinggi harus berupaya menciptakan good governance dalam kepemimpinannya dengan melakukan tindakan yang serba transparan dan memberikan kesempatan bagi siapapun untuk melakukan pengawasan. Dengan demikian  public trust akan tebangun dengan sendirinya, yang ditandai dengan kesetiaan, kepercayaan, dan dukungan semua bawahan secara sukarela. Sosialisasi baik mengenai semua program yang dicanangkan maupun kondisi keuangan perpustakaan sangat penting artinya. Selama ia berpikir bahwa transparan dan akuntabilitas akan mengurangi rejekinya, maka tak ada maknanyalah kepemimpinan dirinya di mata anak buahnya.

References

Bagus, Lorens. 1996. Kamus filsafat. Jakarta: Gramedia.

Danandjaja, Andreas A. 1991. "Motivasi: teori dan praktek dalam hubungannya dengan kepemimpinan". Bank dan Manajemen, No. 8, Januari/Februari: 61-63.

Ginting, Surya Dharma. 2004. "Good governance: reformasi birokrasi, hukum, dan politik di Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis. Vol. III No. 5, September: 1-11.

Griffin, Ricky W. 2004. Manajemen. Judul Asli: Management. Alih Bahasa: Gina Ganja dan Wisnu Chandra Kristiaji. Jakarta: Erlangga.

Harefa, Andrias. 2000. Menjadi manusia pembelajar. Jakarta: Kompas.

Kennedy, Dennis L. 2000. "Memahami kekuasaan pribadi", dalam Kepemimpinan (Leadership), oleh A.Dale Timpe. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Koontz, Harold et al. 1984. Management. 8th ed. New York: McGraw-Hill.

Wilson, Louis Round and Maurice P. Tauber. 1966. The university library, administration, and facilities of academic libraries. 2nd ed. New York: Columbia University.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Pranoto, E. (2020). Good Governance: Perannya Dalam Membangun Public Trust Dalam Kepemimpinan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Media Pustakawan, 15(3), 77–81. https://doi.org/10.37014/medpus.v15i3.947

Issue

Section

Articles