Peran Komunikasi Antara Orang Tua Dengan Anak Dalam Pembinaan Minat Baca Sejak Din

Authors

  • Noorika Retno Widuri Puslit Biologi – LIPI Bogor

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v15i3.946

Keywords:

komunikasi, orang tua, minat baca

Abstract

Pembinaan minat baca harus dimulai dari lingkup terkecil dalam masyarakat, yakni keluarga.  Orang tua berperan aktif dalam membentuk anak-anak gemar membaca. Peran orang tua yang demikian besar perlu didasari dengan kemampuan menyampaikan pesan kepada anggota keluarganya, dalam hal ini anak-anak. Penyampaian pesan melalui komunikasi merupakan aspek penting yang wajib dipahami para orang tua, karena tanpa komunikasi efektif, pembinaan minat baca anak mustahil terbentuk. Komunikasi efektif akan berdampak baik bagi pembinaan minat baca anak sejak dini.

References

Effendi, Onong.1993. Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Effendy, S. 1995. Fungsi keluarga dalam maningkatkan kualitas sumber daya manusia. Jambi: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Gunarsa, S.D. 1993. Psikologi untuk keluarga. Jakarta: BPK Gunung Agung.

Irwanto.; Yatim, D.I. 1993. Kepribadian, keluarga dan narkotika. Jakarta: Arcan.

Lasa Hs. 2002. Menumbuhkembangkan minat baca anak. Media Pustakawan, Vol.1(3): 20-26.

Leonhardt, Mary. 1999. Cara menjadikan anak anda "keranjingan" membaca. Bandung: Kaifa.

Lunadi, A.E. 1995. Komunikasi mengena. Yogyakarta: Kanisius.

Mudjito. 1993. Pembinaan minat baca. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rakhmat, J. 1986. Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sobur, A. 1988. Komunikasi orangtua dan anak. Bandung: Angkasa.

Sudiarto. 2006. Persepsi tentang minat baca di Indonesia. Media Pustakawan, Vol.13 (1-2): 43-47.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Widuri, N. R. (2020). Peran Komunikasi Antara Orang Tua Dengan Anak Dalam Pembinaan Minat Baca Sejak Din. Media Pustakawan, 15(3), 72–76. https://doi.org/10.37014/medpus.v15i3.946

Issue

Section

Articles