Kajian Pengukuran Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Perpustakaan dan Informasi di Bidang Layanan Koleksi Umum Perpustakaan Nasional RI

Authors

  • Fathmi Fathmi Perpustakaan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v20i3.945

Keywords:

Layanan, layanan prima, kepuasan pemustaka

Abstract

Peningkatan kualitas layanan melalui pengembangan layanan  dilaksanakan oleh Bidang Layanan Koleksi Umum dalam rangka mencapai layanan prima dan berorientasi bagi kepentingan pemustaka, melalui pemanfaatan sumber daya perpustakaan.   Untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka terhadap layanan perpustakaan dan informasi di Bidang Layanan Koleksi Umum dilaksanakan kajian pemustaka.  Penelitian terdiri atas 4 (empat) dimensi layanan, yaitu koleksi perpustakaan, layanan perpustakaan, pustakawan, serta sarana dan prasarana perpustakaan. Keempat unsur tersebut diurai menjadi 17 indikator yang terdiri atas 40 pertanyaan. Analisis data menggunakan metode  deskriptif kuantitatif yaitu data yang disajikan dalam bentuk tabulasi frekuensi, berikutnya dilakukan  analisis deskriptif dengan menghitung presentase dari masing-masing frekuensi dan selanjutnya diinterpretasikan secara logis. Untuk mendapatkan kesimpulan dari masingmasing indikator dilakukan analisis dengan metode rating scale. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemustaka puas terhadap: 1) dimensi koleksi di Bidang Layanan Umum   (70,54%); 2)  dimensi layanan di Bidang Layanan Umum (74,75%);  3) dimensi Pustakawan di Bidang Layanan Umum (76,88%). Terhadap sarana dan prasarana di Bidang Layanan Umum, responden puas (64,22%.) namun tingkat kepuasannya belum signifikan.

Author Biography

Fathmi Fathmi, Perpustakaan Nasional

Pustakawan Ahli Madya

References

Chowdury. 1993. "Information Needs and Their Satisfaction in a Utility Company." Libraries Review, 42 (1): 5-14.

DeLone, W.H dan E.R. McLean. 1992. "Information System Success: The Quest for Dependant Variable." Information System Research, 3 (1), March, hlm. 60-95.

Fosket, D.J. 1984. Pathways of Communication: Books and Libraries in the Information Age. London: Clive Bingley.

Fothergill, Richard dan Butchart, Ian. 1985. Non-book Materials in Libraries. 2nd ed. London: Clive Bingley.

Fox, Harold W. 2001. Business Library: Understanding Your Customers. Washington DC: [?].

Ives, B., M.H. Olson, dan J.J. Baroudi. 1983. "The Measurement of User Information Satisfaction." Communication of the ACM, 26 (10), October, hlm. 785-793.

Kemp, Richard. 1990. "A Library Essential: Need Assessment." Library Review, 32 (3): 33-36.

Koentjaraningrat (ed.). 1993. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Moores. 1981. "Information Users Changing Expectation and Needs." Aslib Proceedings. 33 (3): 83-92.

Ratzan, Lee. 2004. Understanding Information Systems: What They Do and Why We Need Them. Chicago: American Library Association.

Rina Dwi Winarsih. 2009. "Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Bakmi Aisy di Depok" dalam Jurnal Ekonomi Manajemen Universitas Gunadarma, Oktober 2009. Diunduh pukul 09.50 wib tanggal 9 Oktober 2012 dari http://www. gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/economy/2009/ Artikel_11205052.pdf.

Setyo Hari Wijanto. 1997. Kepuasan Informasi Pemakai dan Kualitas Jasa Sistem Informasi sebagai Ukuran Keberhasilan Sistem Informasi dalam Organisasi. Disertasi. Program Pascasarjana Ilmu Manajemen, Universitas Indonesia.

Sulistyo-Basuki. 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama.

Sutarno N.S. 2006. "Perpustakaan Masa Depan" dalam Aksentuasi Perpustakaan dan Pustakawan. Kosam Rimbarawa (ed.). Jakarta: Ikatan Pustakawan Indonesia bekerjasama dengan Sagung Seto.

Turban, E., E. McLean dan J. Wetherbe. 1996. Information Technology for Management: Improving Quality and Productivity. New York: John Wiley & Son.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. 2008. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Yasintha Sulasih. 2003. Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen dan Sarana Prasarana Fakultas Ekonomi Unika Atma Jaya. Tesis. Program Studi Ilmu Manajemen, Pascasarjana Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2020-04-29

How to Cite

Fathmi, F. (2020). Kajian Pengukuran Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Perpustakaan dan Informasi di Bidang Layanan Koleksi Umum Perpustakaan Nasional RI. Media Pustakawan, 20(3), 46–55. https://doi.org/10.37014/medpus.v20i3.945

Issue

Section

Articles