Strategi Promosi Gemar Membaca dan Gemar ke Perpustakaan melalui Kekuatan Media

Authors

  • Tulus Wulan Juni Dinas Arsip, Perpustakaan dan Pengolahan data Kota Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v20i3.943

Keywords:

strategi promosi perpustakaan, minat baca

Abstract

Rendahnya minat baca akan berimbas pada rendahnya tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan. Salah satu usaha yang selama ini belum dimaksimalkan oleh perpustakaan adalah kurangnya peran media di berbagai kegiatan perpustakaan. Padahal media mempunyai kekuatan yang sangat luar biasa dan cepat membentuk opini masyarakat. Sudah banyak gerakan moral dicanangkan oleh pemimpin bangsa ini namun gerakan tersebut kurang disosialisasikan di media. Kantor Arsip, Perpustakaan dan Pengolahan Data Kota Makassar melalui program Gerakan Makassar Gemar Membaca (GMGM) terus mensosialisasikan perpustakaan, kegemaran membaca diberbagai media cetak dan elektronik.Strategi Promosi ini bertujuan bagaimana usaha menembus media dengan berbagai pendekatan, semakin banyak media yang digunakan untuk berpromosi maka semakin besar peluang meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap perpustakaan dan kegemaran membaca. Selain itu dicontohkan beberapa kegiatan minat baca dan pengembangan perpustakaan yang telah dilaksanakan oleh Kantor Arsip, Perpustakaan dan Pengolahan Data Kota Makassar beserta media yang dilibatkan didalamnya.Dampak hasil yang diperoleh setelah memanfaatkan peran media menunjukkan bahwa jumlah kunjungan masyarakat ke perpustakaan meningkat dan daya beli buku di beberapa toko buku juga naik, seperti di Toko Buku Graha Media Makassar setiap tahunnya mengalami kenaikan hingga 30%.

Author Biography

Tulus Wulan Juni, Dinas Arsip, Perpustakaan dan Pengolahan data Kota Makassar

Pustakawan Ahli pertama

References

Baderi, Athaillah, 2005. Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Melalui Suatu Kelembagaan Nasional: Wacana Kearah Pembentukan Sebuah Lembaga Nasional Pembudayaan Masyarakat Membaca (Makalah), Jakarta.

Grant, Robert, M, 1999. Analisis Strategi Kontemporer: Konsep, Teknik, Aplikasi. Erlangga, Jakarta.

________, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Balai Pustaka, Jakarta.

Kamah, Idris, 2008. Reformasi Perpustakaan Indonesia. Badan Pengelola Harian Perpustakaan Masjid AlMarkaz Al-Islami Jenderal M. Yusuf, Makassar

Kusuma, Bachtiar Adnan, 2008. H. Ilham Arief Sirajuddin: Mengikat Makna Lewat Membaca. Yapensi dan Pemkot Makassar, Jakarta

Maddukalleng, Andi, 2011. Gemar Membaca: Membangun Peradaban Makassar Kota Dunia. Kantor Arsip, Perpustakaan dan Pengolahan Data Kota Makassar bekerjasama denganh ISEE Press, Makassar

Majid, Furqon, 2009. Makassar: Bagaimana Menjadi Kota Dunia?. Penerbit Ombak bekerjasama dengan Pemerintah Kota Makassar.

________, 2011. Pedoman Peningkatan Minat Baca Masyarakat. Kantor Arsip, Perpustakaan dan Pengolahan Data Kota Makassar.

Salusu, J, 1996. Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Grasindo, Jakarta.

Setyaningsih, Buku dan Waktu, Koran Tempo, 2 Juni 2013

Supriyanto, 2006. Aksentuasi Perpustakaan dan Pustakawan. Ikatan Pustakawan Indonesia, Pengurus Daerah DKI Jakarta bekerjasama dengan Sagung Seto, Jakarta.

Tahir, Muchtar, 2008. Buku Saku Gemar Membaca. Kantor Arsip, Perpustakaan dan Pengolahan Data Kota Makassar dan Bappeda Kota Makassar.

________, 2012. Laporan Perpustakaan Kota Makassar Tahun 2012. Kantor Arsip, Perpustakaan dan Pengolahan Data Kota Makassar.

________, 2013. Akrabkan Buku Pada Anak Sejak Dini. Fajar Pendidikan No. 172 Tahun VII edisi 1-15 Juni 2013

________, 2013. Makassar Kota Harapan dan Impian. Jurnal Makassar Edisi 01 Januari 2013

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor: 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar Grafika, Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Perpustakaan Nasional RI, Jakarta.

Wooliscroft, Michael. 1997. "From Library User Education to Information Literacy: Some Issues Arising in this Evolutionary Process." COMLA Workshop. Botswana, July.

Internet

www.facebook. com. Gerakan Makassar Gemar Membaca-Facebook. Diakses 30 Mei 2011.

www.makassar. tribunnews. com. Makassar Peringkat Kedua Kota Gemar Membaca, 12 Maret 2011. Diakses 30 Mei 2011.

www.pemustaka.com. Peningkatan Minat Baca dan Promosi Perpustakaan sebagai cara untuk mendekatkan masyarakat pada perpustakaan oleh: Agus Buchori. Diakses 3 Juni 2013.

Downloads

Published

2020-04-29

How to Cite

Juni, T. W. (2020). Strategi Promosi Gemar Membaca dan Gemar ke Perpustakaan melalui Kekuatan Media. Media Pustakawan, 20(3), 30–40. https://doi.org/10.37014/medpus.v20i3.943

Issue

Section

Articles