INDIKATOR KINERJA PERPUSTAKAAN MENURUT ISO 11620: 2008 (Information and Documentation – Library Performance Indicators) Bagian Pertama dari Dua Tulisan

Abdul Rahman Saleh

Abstract


Mengukur kinerja sebuah perpustakaan merupakan upaya untuk mengetahui pencapaian perpustakaan tersebut terhadap visi, misi, dan tujuan perpustakaan. Sejak tahun 1998 ISO telah menerbitkan standar cara mengukur indikator kinerja perpustakaan yaitu dengan menerbitkan ISO 11620:1998. Sesuai dengan perkembangan layanan yang ada di perpustakaan standar ISO tersebut sudah tidak dapat mengakomodir indikator-indikator kinerja baru, khususnya kinerja yang berkaitan dengan layanan elektronik dan digital. Oleh karena itu ISO merevisi standar yang diterbitkannya tahun 1998 tersebut menjadi standar ISO 11620:2008. Makalah ini akan terbit dua bagian (pada dua nomor yang terpisah). Bagian pertama dari tulisan ini memperkenalkan apa itu ISO 11620:2008 dengan menjelaskan indikator apa saja yang diukur. Sedangkan bagian yang kedua akan membahas bagaimana cara mengukur indikator kinerja tersebut.

Keywords


kinerja; indikator kinerja perpustakaan; ISO 11620:2008

Full Text:

PDF

References


ornby, A. (1989). Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English (4rd ed.). Oxford: Oxford University Press.

ISO. (2008). ISO 11620:2008 Information and Documentation: Library performance indicators. Geneve: International Organization of Standardization.

Kemenpan. (2008). Pedoman Penyusunan Indikator Kinerja Utama: Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara nomor PER/20/M.PAN/11/2008. Jakarta: Kemeterian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara.

Magetsari, N. (1992). Kamus istilah perpustakaan dan dokumentasi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

PNRI. (2010). Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya: Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 132/Kep/M. PAN/12/2002. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

PNRI. (2009). Undang-undang Republik Indonesia nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Poerwadarminta, W. (2006). Kamus Umum Bahasa Indonesia (ke 3 ed.). Jakarta: Balai Pustaka.

Purnomowati, S., & Yuliastuti, R. (2001). Indikator Kinerja Perpustakaan sesuai ISO 11620-1998. Marsela , 3 (1), 26 - 33.

Rai, I. G. (2008). Audit Kinerja pada Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat

Wikipedia. (n.d.). Kinerja. Retrieved January 20, 2013, from http://id.wikipedia.org/wiki/ Kinerja

Wikipedia. (2011, September 17). Pengukuran Kinerja. Retrieved January 20, 2013, from http://id.wikipedia.org/wiki/Pengukuran_ kinerja

Yustiono, E. (n.d.). STIA LAN Bandung. Retrieved January 18, 2013, from Kinerja dan penilaian kinerja: http://www.stialanbandung.ac.id/ index.php?option=com_content&view=arti cle&id=298:kinerja-dan-penilaian-kinerja&c atid=12:artikel&Itemid=85

Yusuf, T. (1996). Manajemen Perpustakaan umum. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.37014/medpus.v20i2.934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Media Pustakawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright Jurnal Media Pustakawan (e-ISSN:2685-3396), p-ISSN:0852-9248).