Kompetensi Pustakawan Dalam Mewujudkan Kinerja Berprestasi

Authors

  • Suwardi Suwardi Bidang Pengolahan Bahan Pustaka, Perpustakaan Nasional RI

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v15i1&2.930

Keywords:

kinerja, ukuran kinerja, pustakawan, peran pustakawan, motivasi, Standar Kompetensi Pustakawan

Abstract

Salah satu indikator pustakawan berprestasi dapat dilihat dari pencapaian hasil kerja pustakawan tersebut. Pustakawan berprestasi adalah pustakawan yang melalui perannya dapat menciptakan strategi kerja yang memudahkan pustakawan tersebut mencapai harapan dan minat berprestasi yang tinggi. Perpustakaan yang membangun suasana kondusif bagi pustakawan agar dapat berkompetisi dan berprestasi merupakan upaya kerja yang memerlukan komitmen semua pihak yaitu; manajemen, pustakawan, dan para pengambil keputusan. Agar komitmen ini dapat dilakukan secara serius, salah satu cara yang dapat dipakai ialah membuat dan mengaplikasikan ukuran kinerja pustakawan yang terbuka dan mengacu pada Standar Kompetensi Pustakawan. Ukuran yang terbuka akan menumbuhkan motivasi bagi pustakawan untuk mencapai kinerja yang diharapkan. Kinerja pustakawan yang baik pada akhirnya akan membawa dampak positif bagi kemajuan perpustakaan.

References

Abdul Rahman Saleh. 2004. Manfaat Standar Kompetensi dan Etika Profesi dalam Peningkatan Profesionalisme Pustakawan. Artikel dalam Media Pustakawan. Jakarta: perpustakaan Nasional RI.

Anwar Prabu Mangkunegara, A.A. 2001. Manajemen sumber daya manusia perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ahmad Rajaul Masrur A.I.D. 2003. Analisis Dimensi Penilaian Prestasi Kerja Karyawan Bank Syariah Mandiri di wilayah Jawa Timur. Program Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya.

Bernadin, H. John & Joyee E.A. Russell. 1993. Human Resource Management, International Edition, Singapura: McGraw Hill, Inc.

Garry, Dessler. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jil.2. Jakarta: Prehallindo.

Harahap, Basyral Hamidy. 1998. Kiprah Pustakawan: Seperempat Abad Ikatan Pustakawan Indonesia 1973-1998. Jakarta: Pengurus Besar Ikatan Pustakawan Indonesia.

Handoko T. Hani. 1994. Manajemen personalia dan sumber daya manusia, Yogyakarta: BPFE.

Nanan Hasanah. 2005. Pemberdayaan Pustakawan dalam Mendukung Kinerja Perpustakaan: Harapan dan Kenyataan. Artikel dalam Media Pustakawan, Vol. 12 No.3 dan 4 sep/Des 2005. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Putu Laxman Pendit. 2005. Profesionalisme Pustakawan Pelat-Merah: analisa kritis tentang hubungan antara Ikatan Pustakawan Indonesia dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Makalah Seminar Menyoroti Profesionalisme Pustakawan, Jakarta, September 2005.

Simamora, Henry. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi kedua, Yogyakarta: YKPN. Tim perumus penilaian kinerja dosen, Pedoman penilaian kinerja dosen, Jakarta: STIE IBII.

Sondang P, Siagian. 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Sulistyo-Basuki. Upaya Meningkatkan Peran Pustakawan dalam Mendukung Kinerja Perpustakaan. Artikel Media Pustakawan, Vol. 12 No.3 dan 4 Sep/Des 2005. Jakarta: Perpustakaan Nasional

Titiek Kismiyati. 2006. Standar Kompetensi Pustakawan. Artikel Media Pustakawan. Vol. 12 No.3 dan 4 Sep/Des 2005. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Downloads

Published

2020-04-28

How to Cite

Suwardi, S. (2020). Kompetensi Pustakawan Dalam Mewujudkan Kinerja Berprestasi. Media Pustakawan, 15(1&2), 48–53. https://doi.org/10.37014/medpus.v15i1&2.930

Issue

Section

Articles