Pergeseran Paradigma Pengelola Perpustakaan Dan Kepustakawanan Indonesia Dalam Dinamika Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Authors

  • Nila Nurjanah Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v16i3&4.922

Keywords:

perpustakaan, library 2.0, Indonesia

Abstract

Perpustakaan dituntut untuk mampu berbenah mengikuti dinamika yang ada. Perpustakaan yang sebelumnya seringkali dicitrakan sekadar â€gudang buku†dan menunggu pengguna datang, dituntut mampu menjadi perpustakaan yang humanis dan â€user centerâ€, dan berubah dari perpustakaan tradisional menjadi modern, di mana pengguna di luar gedung perpustakaan pun mampu mengakses koleksi yang ada. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang dahsyat ini, menjadikan sebagian orang merasa tidak perlu lagi pergi ke perpustakaan, karena di rumah pun mereka merasa bisa menemukan informasi yang mereka butuhkan. Akankah ini berarti perpustakaan justru semakin ditinggalkan dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi? Padahal sebenarnya konsep-konsep penemuan kembali pada internet itu, sebenarnya juga mengadopsi cara kerja yang terjadi di perpustakaan.Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini, lahirlah konsep Library 2.0. Pustakawan harus terus mengembangkan ide-idenya, jadi ketika pengguna tidak ada, mereka pun harus tetap bekerja. Apalagi adanya perkembangan Library 2.0, harusnya mampu mendorong kemampuan kompetitif pustakawan, untuk mengambil pasar online, sehingga pada perpustakaan fisik berkembang dan perpustakaan online pun berkembang.

Author Biography

Nila Nurjanah, Universitas Diponegoro

Pemenang Hiburan Keenam Lomba Penulisan Karya Ilmiah Bagi Pustakawan tahun 2009

References

Qalyubi, dkk. (2007). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi, cet. 2, editor Tri Septiyantono dan Umar Sidik. Yogyakarta : Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fak. Adab UIN Sunan Kalijaga.

Siregar, A. Ridwan (2004). Perpustakaan : Energi Pembangunan Bangsa. Medan : USU Press.

Sulistyo-Basuki (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Supriyanto (2009). Kesiapan Pustakawan Menghadapi Perubahan Kemajuan Sistem Informasi Untuk Perpustakaan, dalam Workshop Library 2.0: Chalenge And Oppurtunities To Library Management.

Sudarsono, Blasius (2009). Menerapkan Konsep Perpustakaan 2.0.

Nurcahyo, Henry (2003). Memanusiawikan Perpustakaan, 21 September 2003 www.radarsulteng.com

Undang-Undang No.43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Downloads

Published

2020-04-23

How to Cite

Nurjanah, N. (2020). Pergeseran Paradigma Pengelola Perpustakaan Dan Kepustakawanan Indonesia Dalam Dinamika Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Media Pustakawan, 16(3&4), 152–157. https://doi.org/10.37014/medpus.v16i3&4.922