Layanan Online Bahan Perpustakaan nondigital di PUSTAKA

Authors

  • Eni Kusanti Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) Bogor
  • Fidayati Ulfah Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) Bogor

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v24i2.9

Keywords:

layanan online, bahan perpustakaan nondigital, Pustaka

Abstract

PUSTAKA sebagai perpustakaan penyebar informasi pertanian memiliki kendala dalam melakukan layanan bahanperpustakaan nondigital untuk pemustakanya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dampak dari perkembanganteknologi informasi adalah munculnya kebutuhan pemustaka untuk mendapatkan informasi dengan cepat tanpa harusdatang langsung ke perpustakaan. Oleh karena itu perlu dikembangkan layanan online untuk bahan perpustakaannondigital yang sebelumnya hanya bisa diakses melalui kunjungan langsung ke perpustakaan. Pengembangan layananbahan perpustakaan nondigital membutuhkan tiga aspek utama yaitu kompetensi pustakawan, sarana prasarana danpeningkatan promosi. Proses layanan online bahan perpustakaan nondigital terdiri dari lima tahap utama, yaitu (1)permintaan informasi; (2) temu kembali informasi; (3) penyeleksian informasi; (4) alih media digital; (5) pengirimaninformasi.

References

Carol Tenopir. [2000]. I never learned about that in Library School:

Curriculum changes in LIS., Online March, 2000. Dalam dokumen Competencies for Special Librarians of the 21st century yang dikeluarkan oleh Special Libraries Association (SLA) pada tahun 1996.

Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia No. 83 Tahun 2012 tentang Penetapan Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Jasa Kemasyarakatan, Sosial Budaya, Hiburan, dan Perorangan lainnya bidang perpustakaan menjadi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia. 2012. Jakarta : Perpustakaan Nasional RI

Lasa HS. (1995). Jenis-jens Pelayanan Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press.

Perception of libraries and information resources, OCLC, 2005, question 1355

Perpustakaan Nasional RI. (2015). Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya.

Jakarta : Perpustakaan Nasional RI

Rahardjo, A.I. (September 1996). Layanan referensi di perpustakaan. Makalah

dipresentasikan pada Pelatihan Terpadu Manajemen Perpustakaan Modern, Universitas Kristen Petra, Pusat Pendidikan Berkelanjutan, 26 Agustus - 23 September 1996.

Salazar. (Ed. 2006). Content Management for the Virtual Library.Information Technology and

Libraries; 25(3): 170 .

Sutarno, N.S. (2005). Tanggung jawab perpustakaan: dalam mengembangkan masyarakat

Informasi. Jakarta: Panta Rei.

Van Deursen, A.J.A.M. and Van Dijk, J.A.G.M. (2008), "Measuring digital skills", paper

presentedat the Conference of the International Communication Association.

Downloads

Published

2017-06-26

How to Cite

Kusanti, E., & Ulfah, F. (2017). Layanan Online Bahan Perpustakaan nondigital di PUSTAKA. Media Pustakawan, 24(2), 16–24. https://doi.org/10.37014/medpus.v24i2.9

Issue

Section

Articles