Kataloging e-Resources: Ekspansi pustakawan dalam mengolah bahan perpustakaan sumber elektronik

Indah Purwani, Mariana Ginting

Abstract


Perpustakaan Nasional RI dibangun dan diselenggarakan atas dasar pemikiran bahwa sebagai bangsa yang merdeka mempunyai tanggung jawab untuk menampung dan menyimpan semua terbitan dalam negeri maupun luar negeri yang bernilai tinggi, dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan kehidupan masyarakat dunia secara menyeluruh. Namun, apakah perpustakaan yang sudah didirikan dan ditumbuhkembangkan dengan berbagai upaya, daya, sarana dan prasarana yang dimiliki dijamin berhasil baik? Hal ini bergantung pada pengelola dan respon masyarakat. Seperti diketahui bersama, Perpustakaan Nasional RI sudah mengembangkan aplikasi teknologi e-Library atau perpustakaan digital, dengan mengoleksi koleksi bahan perpustakaan sumber elektronik untuk mendukung pelayanan yang berkualitas secara menyeluruh (total quality service) dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi pemustaka. Hal ini menjadi sebuah tantangan bagi pustakawan untuk lebih menunjukkan kiprahnya, bahwa pustakawan mau mengembangkan sayapnya untuk menggali kemampuannya agar bisa mengimplementasikan apa yang menjadi tujuan organisasi perpustakaan di masa depan. Hingga saat ini koleksi bahan perpustakaan jenis e-resources dan pengolahannya masih terbatas dan belum dipahami oleh sebagian besar pustakawan secara menyeluruh, maka dibutuhkan usaha guna mengatasi berbagai masalah dalam mengolah bahan perpustakaan e-resources, khususnya dalam kataloging bahan perpustakaan sumber elektronik.


Keywords


katalogisasi sumber elektronik; kompetensi pustakawan

Full Text:

PDF

References


Bob, Mc. Kee.1989. Planning library service. London: Clive Brington

Chooming, Ding. 1999. Masa depan Perpustakaan Digital: ramalan dan isu-isunya. Sekitar Perpustakaan. Vol. 28. : 40-48.

Ginting, Mariana. 2012. Pedoman Pengolahan E-Resources (makalah).

Matveyeava, Susan J. 2012. A Role for Calssification: The Organizaation of Resources on The internet.http://www.mlaforum. org/vol1/issue2/roleClassification. html./24/07/2012

Wong, Elise (Yi-Ling). 2012. Cataloging Then, Now and Tomorrow. http;//americanlibrariesmagazine. org/06/19/2012

Wulandari, Prita. 2006. Alih Media Bahan Pustaka (makalah).

Rachmawati, Tine Silvana. Yunus Winoto . 2005. Seleksi Bahan Pustaka: pengertian, latar belakang, dan pelaksanaan di perpustakaan. Media Pustakawan: Vol.12 No.1 Maret 2005 . hal 26-30.




DOI: https://doi.org/10.37014/medpus.v20i1.897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Media Pustakawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright Jurnal Media Pustakawan (e-ISSN:2685-3396), p-ISSN:0852-9248).