Pengembangan Profesi Pustakawan melalui Pembuatan Karya Tulis Ilmiah

Authors

  • Endang Fatmawati Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v19i4.891

Keywords:

quantum writing, pengembangan profesi pustakawan, karya tulis ilmiah

Abstract

Salah satu kegiatan pengembangan profesi pustakawan adalah membuat karya tulis ilmiah. Ketrampilan menulis pustakawan tidak dapat dipisahkan dengan kemampuan berpikir. Membaca sebagai langkah awal untuk bisa menulis. Ketrampilan menulis bukan bakat pustakawan, melainkan merupakan proses pembelajaran. Jenis karya tulis/karya ilmiah dapat berupa karya tulis ilmiah hasil penelitian, karya ilmiah, dan karya ilmiah populer. Karya tulis ilmiah dalam butir kegiatan pengembangan profesi bisa berupa: karya tulis ilmiah di bidang perpusdokinfo, laporan hasil kegiatan ilmiah, makalah ilmiah, makalah prasaran, buku, dan artikel majalah. Pustakawan harus memiliki kepekaan terhadap keadaan sekitarnya agar tujuan penulisannya dapat dipahami oleh pembaca. Metode quantum writing dan creative writing menjadi tantangan pustakawan. Menulis dapat mengolah berbagai potensi yang ada di dalam diri pustakawan menjadi “pancaran cahayaâ€. Menulis bukanlah bakat, namun ketrampilan yang dapat dipelajari disertai latihan yang tekun dan terus-menerus. Agar otak tidak mengalami penyusutan (entropi) dan mati, maka pustakawan perlu memfungsikan sel-sel otak dengan membaca dan menulis.

References

Afra, Afifah. 2011. Be a Brilliant Writer. Solo: Gizone Publishing.

Buzan, Tony. 2004. Mind Map: Untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,

DePorter, Bobbi. 2009. Quantum Writer: Menulis Dengan Mudah, Tanpa Stress, dan Dengan Hal Lebih Baik. Bandung: Mizan Pustaka.

Doyin, Mukh & Ety Syarifah. 2009. Karya Tulis Ilmiah: Bentuk dan Teknik Penulisannya. Bandungan: Bandungan Institute.

Fatmawati, Endang. 2011. The Art of Library: Ikatan Esai Bergizi Tentang Seni Mengelola Perpustakaan. Edisi Revisi. Semarang: BP UNDIP.

________________. 2011. "Teknik Menulis Artikel". Makalah pernah disampaikan dalam Kegiatan Referat serta Pertemuan Jaringan Informasi & Dokumentasi (JID)- Forum Perpustakan Khusus, Program Kependudukan & KB Nasional Tingkat Provinsi Jawa Tengah tanggal 2 Desember 2011.

Fuadi, Ahmad, dkk. 2012. Rahasia Penulis Hebat: Menciptakan Karakter Tokoh. Jakarta: Gramedia.

Hernowo. 2004. Quantum Writing: Cara Cepat nan Bermanfaat Untuk Merangsang Munculnya Potensi Menulis. Bandung: Mizan Learning Centre.

Jabrohim, dkk. 2001. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Lasa Hs. 2006. Menaklukkan Redaktur: Jurus Jitu Menulis Resensi di Media Massa. Yogyakarta: Pinus.

_______. 2006. Menulis Itu Segampang Ngomong. Yogyakarta: Pinus.

Leo, Sutanto. 2010. Kiat Jitu Menulis & Menerbitkan Buku. Jakarta: Erlangga.

Marahimin, Ismail. 1999. Menulis Secara Populer. Jakarta: Putaka Jaya.

Moordiningsih. 2012. "Quantum Writing: Penulisan Karya Ilmiah dan Buku Ajar." Disampaikan Dalam Workshop Kiat Jitu Menulis dan Menerbitkan Buku. UPT Perpustakaan UMS, 2 Oktober.

Nurudin. 2011. Jurus Jitu Nulis Artikel Yang Baik dan Benar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Perpustakaan Nasional RI. 2010. Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Piliang, Yasraf Amir. 2004. Dunia yang Dilipat: Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudayaan. Yogyakarta: Jalasutra.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Putra, Masri Sareb. 2010. Principles of Creative Writing. Jakarta: Indeks.

Suherman. 2012. Mereka Besar Karena Membaca. Bandung: Literate Publishing.

Sutarno NS. 2008. Menulis yang Efektif. Jakarta: Sagung Seto.

Teknik Mencatat Kreatif Dengan Mind. Dalam http://primesgm. blogspot.com/2010/10/teknik-mencatat-kreatif-dengan-mind.html [diunduh 25 Oktober 2012].

Yusup, Pawit M. 2012. Perspektif Manajemen Pengetahuan Informasi, Komunikasi, Pendidikan, dan Perpustakaan. Jakarta: Rajawali Pers.

_____________. 2012. "Perpustakaan Desa". Media Pustakawan. Volume 3 No 2 Tahun 2012.

Downloads

Published

2020-04-16

How to Cite

Fatmawati, E. (2020). Pengembangan Profesi Pustakawan melalui Pembuatan Karya Tulis Ilmiah. Media Pustakawan, 19(4), 33–41. https://doi.org/10.37014/medpus.v19i4.891

Issue

Section

Articles