Pustakawan Akademik: Siapakah yang Kita Maksud?

Authors

  • Kalarensi Naibaho Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v19i4.889

Keywords:

pustakawan akademik, perpustakaan perguruan tinggi,

Abstract

Diskusi mengenai kepustakawanan selalu menarik dicermati, seringkali juga menjadi polemik berkepanjangan, tidak hanya bagi masyarakat luas tapi khususnya di kalangan pustakawan sendiri. Beberapa hal yang seringkali menjadi tema sentral untuk diperdebatkan adalah apakah Perpustakaan itu termasuk disiplin ilmu, dan apakah pustakawan itu termasuk profesi. Pro dan kontra pun terus menyeruak di kalangan pustakawan sehingga topik ini nampaknya akan terus memancing perhatian dan menarik untuk dikaji. Khusus mengenai pustakawan, hal-hal yang sering dibicarakan adalah soal profesionalismenya. Keluhan dari pemustaka masih lazim ditemui di berbagai perpustakaan yang berdampak pada penurunan citra pustakawan itu sendiri. Beberapa media pernah melansir berita tentang betapa buruknya layanan pustakawan di beberapa Perpustakaan Umum akibat kualitas dan kompetensi pustakawan yang tidak sesuai dengan tuntutan kebutuhan. Kondisi ini sesungguhnya tidak hanya terjadi di Perpustakaan Umum, namun juga di lembaga pendidikan tinggi. Ini menandakan bahwa kita memang mengalami persoalan yang sangat serius mengenai kualitas dan kompetensi pustakawan! Artikel pendek ini tidak akan membahas topik tersebut secara ilmiah dan rinci. Sebagai seorang pustakawan yang  (1Pustakawan Universitas Indonesia)bekerja di perguruan tinggi, penulis hanya ingin berbagi pandangan atau pengalaman tentang pustakawan yang bekerja di pendidikan tinggi, yang disebut dengan ’pustakawan akademik’. Hal-hal apa saja yang penting menjadi fokus bagi pustakawan di perguruan tinggi, dan apa yang dapat dilakukan untuk mewujudkannya. Penulis menganggap topik ini sangat relevan dibicarakan karena menyangkut kepentingan kepustakawanan di Indonesia secara umum, dan kepentingan perpustakaan perguruan tinggi Indonesia secara khusus.

References

Ferreira, F., Santos, J.N., Nascimento, L., Andrade, R.S., Barros, S., Borges, J. et al. 2007. "Information professionals in Brazil: core competencies and professional development" Information Research, 12(2) paper 299. [tersedia di http://InformationR.net/ir/12-2/ paper299.html]

Hariyadi, U. 2006. "Effective Communication for Assertive Librarian". Pelatihan Pustakawan Universitas Indonesia.

Harris, M.H.; Hannah, S.A. 1996. "The treason of the librarians: Core communication technologies and opportunity costs in the information era". The Journal of Academic Librarianship, Volume 22, Issue 1, 1996, Pages 3-8

Liker, J. K. 2006. "The toyota way : 14 prinsip manajemen dari perusahaan manufaktur terhebat di dunia". Jakarta: Erlangga.

Rice-Lively, M. L.; Racine, J. D. 1997. "The role of academic librarians in the era of information technology". The Journal of Academic Librarianship, Volume 23, Issue 1, January 1997, Pages 31-41

Downloads

Published

2020-04-16

How to Cite

Naibaho, K. (2020). Pustakawan Akademik: Siapakah yang Kita Maksud?. Media Pustakawan, 19(4), 21–28. https://doi.org/10.37014/medpus.v19i4.889

Issue

Section

Articles