Penerapan Manajemen Perubahan dalam Peningkatan Daya Saing di Lembaga Perpustakaan

Authors

  • Adin Bondar Perpustakaan Nasional

Keywords:

manejemen perubahan, perpustakaan,

Abstract

Perubahan (change) merupakan suatu fenomena yang harus terjadi  dalam kehidupan organisasi. Bukan saja pada organisasi yang berorientasi pada profit juga organisasi nirlaba atau lembaga publik. Pada hakekatnya, kehidupan organisasi selalu diliputi oleh perubahan secara berkelanjutan. Hal ini dikarenakan adanya faktor eksternal yang mendorong terjadinya perubahan. Menurut Habbel, (2010) perubahan merupakan proses yang terus menerus dalam dunia bisnis. Karena itu perubahan perlu dipahami untuk mengurangi tekanan resistensi terhadap perbubahan itu sendiri.  Lingkungan Perpustakaan Nasional sebagai organisasi menghadapai lingkungan yang dinamis dan berubah Lingkungan eksternal cenderung merupakan kekuatan yang mendorong terjadinya perubahan. Lingkungan eksternal mendorong dinamika global, sehingga lembaga perpustakaan menjadi organisasi yang terbuka dan fleksibel.

References

Departemen Informasi dan Komunikasi. 2006. Dokumen Hasil Sidang Konferensi Tingkat Tinggi Dunia (KTT) Mengenai Masyarakat Informasi, Geneva, tanggal 10-12 Desember 2003 dan Tunis. Jakarta: Depinfokom.

Fandy T. dan Anastasia D. 2001. TQM: Total Quality Management, Yogyakarta: Andi.

Indonesia. Undang-undang No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional, 2007.

Ivancevich, J.M., Konopaske, R. and Matteson, M.T. 2008. Organizational Behavior and Management. New York: McGraw-Hill, 2008.

Stoner, J.A.F., Freeman, R.E., and Gilbert, D.R. JR. 1995. Management, New Jersey: Prentice-Hall.

Greenberg, J. and Robert, A. 2000. Behavior in Organisazition: Understanding and Managing the Human Side of Work. New Jersey: Prenctice Hall.

Kinicki, A. and Kreither, R. 2008. Organizational Behavior, Key Concept, Skill and Best Practices. New York: McGraw-Hill.

Porter, M.E. 2000. Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance New Jersey: Prentice Hall.

Russell, R.S. dan Taylor, B.W. 2000. Operations Management, New Jersey: Prentice Hall.

Wibowo. 2006. Manajemen Perubahan. Jakarta : RajaGrafindo persada.

Downloads

Published

2020-04-16

How to Cite

Bondar, A. (2020). Penerapan Manajemen Perubahan dalam Peningkatan Daya Saing di Lembaga Perpustakaan. Media Pustakawan, 19(3), 26–31. Retrieved from https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/885

Issue

Section

Articles