Kajian Terhadap Situs Katalog Legal Data Center (LDC) Perpustakaan Hukum UGM

Authors

  • Ikhwan Arief Universitas Gadjah Mada
  • Andi Priyana Universitas Gadjah Mada
  • Eko Nugroho Universitas Gadjah Mada

Keywords:

kajian katalog perpustakaan, library web usability

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil penilaian terhadap kegunaan (usability) situs katalog LDC sebagai sarana temu kembali data/informasi penelitian di bidang hukum di Perpustakaan Hukum UGM. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei menggunakan kuesioner terhadap 100 pengguna aktif fasilitas situs katalog LDC. Untuk mendapatkan pendapat pengguna terhadap situs katalog LDC peneliti menggunakan konsep usability menggunakan standar ISO 9241 yang meliputi 3 variabel usability effectiviness, efficiency dan satisfaction dan variabel terikat usability. Alasan menggunakan standar dikarenakan standar ini memiliki seperangkat variabel penilaian yang relevan untuk mengkaji keberadaan situs katalog LDC FH UGM. Hasil penelitain ini menunjukan tingkat usability yang tinggi penggunaan situs katalog LDC FH UGM.

References

Indrato, dkk. 2008. Online Public Access Catalog. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2008 (SNATI 2008).

Ishak dan Zainuddin, Z. 2009. Pola Penelusuran Electronic Journal Untuk Mendukung Kegiatan Akademik: Studi Penggunaan Layanan Digital Perpustakaan USU membahas tentang pola dan penggunaan database yang dilanggan oleh Perpustakaan USU. Lembaga Penelitian USU Medan.

Kristanto, H. 1994. Konsep dan perancangan database. Yogyakarta: Andi Offset.

Kusmayadi, E. dan Andriaty, E. 2006. Kajian On-Line Public Access Catalogue Dalam Pelayanan Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian. Pembahasan dalam penelitian ini tentang pendapat pengguna terhadap katalog elektronis yaitu On-line Public Access Catalogue (OPAC) di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian. Jurnal Perpustakaan Pertanian Vol. 15, Nomor 2, 2006

Kusmayadi, E. 2005. Laporan akhir peningkatan akses layanan iptek pertanian TA 2005. Bogor: Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian.

Nugroho, E. 2008. Sistem Informasi Manajemen: Konsep, Aplikasi & Perkembangannya. Yogyakarta: Andi Offset.

Rusmana, A. 2002. Analisis Sistem Informasi. Jakarta: Universitas Terbuka

Saleh, A.R. dan Mustafa. 1992. Penggunaan komputer untuk pelayanan informasi perpustakaan. Dalam Bunga Rampai 40 Tahun Pendidikan Ilmu Perpustakaan di Indonesia. Jakarta: Kesaint Blanc.

Singaribun, M. 2005. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Sulistyo-Basuki, 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2020-04-16

How to Cite

Arief, I., Priyana, A., & Nugroho, E. (2020). Kajian Terhadap Situs Katalog Legal Data Center (LDC) Perpustakaan Hukum UGM. Media Pustakawan, 19(3), 5–10. Retrieved from https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/882

Issue

Section

Articles