Pustakawan Kreatif Stakeholder Aktif

Authors

  • Sumini Ambuliyani Perpustakaan Sekolah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v17i3&4.880

Keywords:

pustakawan, stakeholders, kreativitas

Abstract

Keterkaitan koleksi perpustakaan di lingkungan sekolah masih dirasa kurang. Dalam permasalahan ini, peranan pustakawan perlu ditingkatkan kreativitasnya untuk memunculkan ide-ide baru yang dapat menggugah minat pengunjung. Hal ini merupakan kunci keberhasilan dalam menarik pengunjung. Pustakawan memegang peran strategis dalam pemberdayaan perpustakaan untuk menunjang keberhasilan dan ketercapaian tujuan pendidikan. Sekolah sebagai tempat anak didik menimba ilmu pengetahuan dan informasi maka perlu disediakan sarana dan prasarana yang memadai sesuai kebutuhan termasuk ketersedian perpustakaan.

References

Indonesia, Pedoman Pengelolaan dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dasar, Jakarta Depdikbud, 1997.

Kartosedono, Soekarman. "Upaya Peningkatan Profesionalisme Pustakawan di Era Globalisasi". Media Pustakawan, XI (3). 2004.

Lasa Hs. "Peran Perpustakaan sekolah dalam Menunjang Kurikulum Berbasis Kompetensi". Media Pustakawan, II (2). 2004.

Prasetyo, Bambang Dwi. "Perpustakaan Sekolah Jangan Diabaikan". 10 (1). 2003.

Supriadi, Dedi. Kreatifitas, Kebudayaan, dan Perkembangan Iptek, Jakarta: Alfabeta, 1996.

Wukir R. "Hubungan Pustakawan dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional". XI (3). 2004.

Downloads

Published

2020-04-14

How to Cite

Ambuliyani, S. (2020). Pustakawan Kreatif Stakeholder Aktif. Media Pustakawan, 17(3&4), 47–51. https://doi.org/10.37014/medpus.v17i3&4.880