Perpustakaan Sebagai Service Provider Dalam Konteks Pelayanan Prima

Authors

  • Hotman Nababan Perpustakaan Nasional RI

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v17i3&4.879

Keywords:

perpustakaan, layanan, pelayanan prima, service provider

Abstract

Perpustakaan hadir bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani. Dalam wacana pelayanan prima, terlebih setelah bergulirnya otonomi daerah, petugas perpustakaan (pustakawan) sudah seharusnya meninggalkan pelayanan publik yang secara mencolok melahirkan masyarakat birokrat yang makin berciri individual-materialistik. Perpustakaan harus hadir untuk melayani pemustaka dengan pelayanan prima. Pelayanan prima adalah upaya maksimal yang diberikan oleh petugas layanan dari suatu organisasi/lembaga jasa pelayanan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan sehingga tercapai suatu kepuasan. Perpustakaan diharapkan mampu memahami strategi 7 (tujuh) P dan kriteria pelayanan prima model 7 (tujuh) S dari Mc. Kinsey. Tentu saja yang tidak kalah pentingnya adalah pemahaman visi dan misi. Untuk itu pustakawan perlu memiliki kompetensi sesuai bidang keahlian/skill yang digelutinya, yang bisa didapat dan ditingkatkan melalui pengalaman, pendidikan dan pelatihan bidang perpustakaan, dokumentasi dan informasi.

References

Daryono, 2008. Meningkatkan Kualitas Layanan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi, http://daryono.staff.uns.ac.id/2008/09/24

Hardiningtyas, Tri., 2008. Peran Pustakawan Dalam Pengelolaan Perpustakaan, http://pustaka.uns.ac.id/?opt=1001&menu=news&option=detail&nid=28

Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 81 Tahun 1993 Tentang Pedoman Tata Laksana Pelaksanaan Umum.

Ghazali, H. P. Lutfi , 2008. Dasar-Dasar Pelayanan Prima, http://www.scribd.com/ doc/14098755/Dasar-Dasar-Pelayanan-Prima

Pelayanan Publik dan Konsep Tentang Kepuasan Pelanggan, http://tirtaraharja.co.id/ index.php?option=com_content&task=view&id=26&itemid=2

Perpustakaan Nasional, 2007. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Perpustakaan Utama, Utamakan Pelayanan Prima, http://www.uinjkt.ac.id/index.php/ component/content/article/3-seputar-kampus/386-perpustakaan-utama-utamakan-pelayananprima.html

Sedariyanti, 2004. Good Governance: Membangun Sistem Manajemen Kinerja Guna Meningkatkan Produktivitas, Bandung: Mandar Maju.

Tjiptono, 2001. Prinsip-Prinsip Total Service, Yogyakarta: Andi Offset.

Wardaya, T. Baskara, 2006. Chicago Chicago, Cinta Politik dan Kemanusiaan di Negeri Paman Sam, Yogyakarta: Galangpress.

Downloads

Published

2020-04-14

How to Cite

Nababan, H. (2020). Perpustakaan Sebagai Service Provider Dalam Konteks Pelayanan Prima. Media Pustakawan, 17(3&4), 38–46. https://doi.org/10.37014/medpus.v17i3&4.879