Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Layanan Perpustakaan Di Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur Tahun 2009
DOI:
https://doi.org/10.37014/medpus.v17i1&2.864Keywords:
survei kepuasan pelanggan, layanan pemustakaAbstract
Survei ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Faktor Kepuasan Pemustaka dalam memanfaatkan layanan perpustakaan. Metode yang digunakan dalam survei ini adalah metode survei deskriptif dengan analis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dan prosedur pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi yang berhubungan dengan kepuasan pemustaka dalam memanfaatkan layanan perpustakaan. Sumber data yang dipilih untuk mendapatkan informasi sudah ditentukan yaitu anggota perpustakaan yang telah melakukan aktivitas layanan perpustakaan, di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur Jalan Menur Pumpungan Nomor 32 Surabaya. Populasi dan responden data dalam survei Indeks kepuasan Masyarakat (IKM) dalam memanfaatkan layanan perpustakaan mengambil sampel dengan jumlah 150 orang responden atau pemustaka yang berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) menurut Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Nomor : KEP/25/M.PAN/2004 dengan secara acak atau tidak berurutan dengan latar belakang jenis kelamin, umur dan pendidikan yang beragam. Hasil survei yang didapat adalah Pengolahan Indeks Kepuasan Masyarakat Per Responden dan Unsur Pelayanan, untuk nilai rata-rata unsur unit pelayanan tergolong baik.References
Abdurrahmat Fathoni (2006), Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: Rineka Cipta,
Abdul Razaq (2003), Cara Praktis Menguasai Komputer Aplikasi Perkantoran, Surabaya: Indah,
Basrowi (2007), Metode Analisis Data Sosial, Kediri: Jenggala Pustaka Utama
Buchari Zainun (2004), Manajemen dan Motivasi, Jakarta: Balai Aksara
Dolet Unarayan (2000), Pengantar Metode Penelitian Ilmu Sosial, Jakarta: Grasindo,
Fandy Ciptono (2003). Total Quality Managemen, Yogyakarta: Andi,
Imam Suprayogo (2001), Metodologi Penelitian Sosial-Agama, Bandung: Remaja Rosdakarya,
Lasa HS (2005) Manajemen Perpustakaan, Yogyakarta: Gama Media,
Mico Pardosi (2005), Belajar Sendiri Pengenalan Komputer: Hardware, Software, Brainware, MSDos, Surabaya: Indah,
Nurul Badruttamam (2005) Dakwah Kolaboratif Tarmizi Taher, Jakarta: Grafindo Khazanah Ilmu,
Peter Salim (2000). Kamus Bahasa Kontemporer, Jakarta: Modern English Press,
Sedarmayanti (2006) Good Governance (Kepemerintahan Yang Baik, Bandung: Mandar Maju,
Suharsimi Arikunto (2006), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Sutarno NS (2004) Manajemen Perpustakaan Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta Samitra Media Utama.
Sutarno NS (2006), Manajemen Perpustakaan Suatu PendekatanPraktik,Jakarta: Samitra Media Utama.
Tim Prima Pena (2006). Kamus Ilmiah Populer Edisi Lengkap, Surabaya: Gitamedia Press.
Tim Pustakawan Badan Perpustakaan Propinsi Jawa Timur (2006), Panduan Pengolahan Bahan Pustaka, Surabaya: Citra Wacana.
-------- (2007) Undang-Undang RI No 43Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI
---------(2004)Kep.M.PAN No.25 ,2004. Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Publikasi Internet
------- (2008) Peraturan Daerah Nomor 148 Tahun 2008 tentang Uraian Tugas Sekretariat,Bidang,Sub Bagian dan Sub Bidang Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur
------ (2009) Renstra (Rencana Strategis) Surabaya: Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur
-------- (2009) Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Surabaya: Kajian Minat Baca Masyarakat Jawa Timur.
--------- (2003) Selayang Pandang Badan Perpustakaan Propinsi Jawa Timur, Surabaya, 2003