Sinergi Perpustakaan Umum Dengan Perpustakaan Sekolah : Sebuah Wacana Mewujudkan Siswa Melek Informasi
DOI:
https://doi.org/10.37014/medpus.v19i2.859Keywords:
Sinergi perpustakaan, kurikulum pendidikan, literasi informasiAbstract
Kondisi Perpustakaan sekolah di Indonesia, terutama di sekolah dasar yang masih cukup memprihatinkan, memerlukan perhatian dari semua pihak, terutama pemerintah. Perpustakaan umum yang berada di bawah kendali pemerintah daerah dapat melakukan berbagai usaha agar siswa sekolah tetap dapat mengenal perpustakaan, memperoleh fasilitas layanan perpustakaan, dan pada akhirnya terbiasa menggunakan perpustakaan sebagai sarana belajar seumur hidup. Tulisan ini memaparkan bentukbentuk sinergi yang dapat dilakukan oleh perpustakaan umum dalam memperkenalkan perpustakaan sejak dini kepada siswa sekolah, terutama di tingkat pendidikan dasar (SD-SMP). Mengapa sinergi yang dipilih sebagai judul, karena sinergi memiliki arti â€kegiatan atau operasi gabungan†(Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kata tersebut lebih tepat dibandingkan dengan kerjasama. (References
Kamus besar bahasa Indonesia. 2001. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Prisgunarto, I. 2006. Melek perpustakaan. Diakses 2 September 2009. http://www.rumahdunia.net/ wmprint.php?ArtID=615
Saputro, R. F. 2004. Membangun Perpustakaan "Model Puskesmas". Kompas Online. 17 Juli 2007. http:// www.kompas.com/kompascetak/0409/14/Didaktika/1262609. htm
Sulistyo-Basuki. 1994. Periodisasi perpustakaan Indonesia, Bandung : Rosdakarya,
Downloads
Published
2020-04-08
How to Cite
Wulandari, D. (2020). Sinergi Perpustakaan Umum Dengan Perpustakaan Sekolah : Sebuah Wacana Mewujudkan Siswa Melek Informasi. Media Pustakawan, 19(2), 12–15. https://doi.org/10.37014/medpus.v19i2.859
Issue
Section
Articles