Penelitian Terhadap 6 Buah Kajian di Bidang Layanan Koleksi Umum Perpustakaan Nasional Periode Tahun 2010-2013
DOI:
https://doi.org/10.37014/medpus.v22i2.854Keywords:
layanan perpustakaan, kajian pemustaka, analisis SWOT.Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah 6 buah kajian telah dilakukan di Bidang Layanan Koleksi Umum Perpustakaan Nasional RI periode tahun 2010-2013 telah mengidentifikasi permasalahan layanan perpustakaan dan informasi di Bidang Layanan Koleksi Umum; dan apakah rekomendasi yang disampaikan pada 6 buah kajian telah ditindaklanjuti. Penelitian terdiri atas 4 (empat) dimensi layanan, yaitu koleksi perpustakaan, layanan perpustakaan, pustakawan, serta sarana dan prasarana perpustakaan. Objek dalam penelitian ini adalah data dokumen 6 buah hasil kajian di Bidang Layanan Koleksi Umum periode tahun 2010-2013. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknis analisis SWOT untuk memperoleh gambaran kajian yang telah dilakukan di Bidang Layanan Koleksi Umum periode tahun 2010-2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perumusan masalah keenam kajian telah diarahkan untuk mengidentifikasi permasalahan layanan perpustakaan dan informasi secara lengkap, sesuai unsur-unsur layanan perpustakaan dan informasi, 2) Manfaat kajian dari keenam kajian belum diketahui realisasinya, keterkaitan antara tujuan dengan manfaat kajian tidak terlihat langsung, pernyataan manfaat kajian bersifat sangat umum dan kurang spesifik sesuai tujuan kajian; 3) Kesimpulan kajian telah menjawab pertanyaan kajian, namun terdapat 2 (dua) kajian yang kesimpulannya belum menjawab pertanyaan kajian secara benar dan tepat; 4) Saran kajian yang telah ditindaklanjuti sebanyak 17 saran, sedangkan 13 saran belum ditindaklanjuti; 5) Setiap dimensi layanan memiliki kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman.References
Atikah. (2011). Kajian Indonesiana di Koleksi Majalah Terjilid Terbitan Luar Negeri Koleksi Perpustakaan Nasional RI. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
Fathmi. (2010). Kajian Kepuasan dan Harapan Pemustaka Terhadap Sarana dan Prasarana Layanan Bidang Layanan Koleksi Umum, Perpustakaan Nasional RI. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
Fathmi. (2011). Kajian Kebutuhan Pemustaka Terhadap Koleksi Ilmu Terapan dan Keterpakaiannya di Bidang Layanan Koleksi Umum, Perpustakaan Nasional RI. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
Fathmi. (2012). Kajian Pengukuran Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan Perpustakaan dan Informasi di Bidang Layanan Koleksi Umum, Perpustakaan Nasional RI. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
Fathmi. (2013). Kajian Kualitas Layanan Referensi di Perpustakaan Nasional RI: Pandangan Pemustaka. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
Lasa Hs; Tjokro Soenarno (Ed.). (2009). Kamus Pustakawan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Luthfiati Makarim, dkk.; Lily Suarny (Ed.). (2011). Kajian Pemanfaatan Koleksi Surat Kabar Langka Terbit Tahun 1800-1900 Koleksi Perpustakaan Nasional RI. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.