Pemanfaatan Facebook dalam Promosi UPT Perpustakaan Universitas Syiah Kuala
DOI:
https://doi.org/10.37014/medpus.v23i2.850Keywords:
Facebook, Pemanfaatan Facebook, Promosi PerpustakaanAbstract
Pandangan masyarakat terhadap perpustakaan dapat dipastikan berbeda antara satu sama lainnya. Ada perspektif masyarakat bahwa perpustakaan merupakan tempat penyimpanan buku saja, bahkan perpustakaan adalah gudang buku. Sebagian perspektif masyarakat bahwa perpustakaan bukan hanya sekedar buku saja. Seiring dengan kebutuhan pengguna perpustakaan, perkembangan zaman dan teknologi informasi menuntut pustakawan untuk dapat menjawab tantangan tersebut. Salah satu cara yang dilakukan perpustakaan untuk mengenalkan perpustakaan kepada masyarakat melalui media sosial facebook. Facebook dinilai sangatlah efektif dalam promosi perpustakaan. Salah satu perpustakaan yang memanfaatkan facebook dalam promosinya adalah UPT Perpustakaan Univesitas Syiah Kuala. Pemanfaatan facebook yang dilakukan oleh UPT Perpustakaan Universitas Syiah Kuala adalah dengan mempromosikan akreditasi A yang diperoleh dengan memanfaatkan facebook sebagai bagian dari promosi perpustakaannya.References
A. Yogaswara. The Power of Facebook: Gerakan 1.000.000 Facebooker. Yogyakarta : Mediakom, 2010.
Adi Wijaya, Mahendra. Facebook Sebagai Sarana Pertukaran Informasi Fotografi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014.
Anne Woodsworth dan W. David Penniman. Advances in Librarianship, USA: Emerald, 2015.
Caroll Smallwood, dkk. Marketing Your Library: Tips and Tools That Work. United States America: McFarland, 2012.
Darmono. Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Aspek Manajemen Kinerja. Jakarta, Grasindo: 2007.
Dominikus Juju, Feri Sulianta. Hitam Putih Facebook. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010.
Laugu, Nurdin. Representasi Kuasa dalam Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Gapernus Press, 2015.
Mustafa, Badollahi. Materi Pokok Promosi Jasa Perpustakaan (Jakarta, Universitas Terbuka: 2010.
Qalyubi, Syihabuddin. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga, 2003.
Anna, Nove A. Variant. "Penggunaan Web.2.0 sebagai Media Promosi Perpustakaan Perguruan Tinggi di Indonesia." http://download.portalgaruda.org/ article.php?article=325297&val=7410&title=T he%20Usage%20of%20Web%202.0%20as%20a%20 Media%20Promotion%20in%20Indonesia%20 University%20Libraries. Diakses tanggal 02 Juni 2016.
Apriliana, Rizki. "Pengaruh Promosi Perpustakaan Melalui Kegiatan Gemar Membaca Terhadap Pemanfaatan Perpustakaan di SMA Negeri 3 Semarang." http:// ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jip/article/ view/529/531. Diakses tanggal 02 Juni 2016.
Harjo, Arlinah Imran. "Mengatur Strategi Perpustakaan." http://faculty.petra.ac.id/arlinah/perpustakaan/ PROMOSI/promosi96.pdf. Diakses tanggal 02 Juni 2016.
Kemkominfo." Pengguna Internet di Indonesia Capai 82 Juta." https://kominfo.go.id/index.php/content/ detail/3980/Kemkominfo%3A+Pengguna+Intern et+di+Indonesia+Capai+82+Juta/0/berita_satker. Diakses tanggal 03 Juni 2016.
Perpusnas. "24 Tahun 2014." http://deposit.perpusnas.go.id/media/documents/pp2014_024.pdf. Diakses tanggal 02 Juni 2016.
UPT Perpustakaan Universitas Syiah Kuala. "Tim Asesor Perpusnas Nilai UPT. Perpustakaan Unsyiah." https://www.facebook.com/Pustaka.Unsyiah/?fref=ts. Diakses tanggal 03 Juni 2016.