Film Animasi Sebagai Media Promosi Perpustakaan

Sutarsyah Sutarsyah

Abstract


Di era digitalisasi sekarang ini, pemanfaatan teknologi digital  menjadi tuntutan utama dalam layanan perpustakaan. Makalah ini memaparkan tentang promosi perpustakaan dengan memanfaatkan  film animasi sebagai media layanan digital  di perpustakaan yang lebih interaktif dan mudah dipahami. Tujuannya agar  perpustakaan sebagai media layanan informasi dapat menarik lebih banyak pengguna. Pembahasan tentang dampak teknologi informasi dan multimedia sebagai sarana promosi di perpustakaan dan deskripsi beberapa produk film multimedia yang dihasilkan perpustakaan dengan content yang berbeda, hal ini terkait dengan fungsi perpustakaan sebagai tempat rekreasi dan sumber pengetahuan. Diharapkan  dengan pembuatan film multimedia ini fungsi perpustakaan sebagai tempat rekreasi  menjadi tempat yang menyenangkan untuk mendapatkan dan berbagi informasi, sehingga dapat mengajak lebih banyak pemustaka berkunjung dan memanfaatkan perpustakaan.

Keywords


Perpustakaan; perpustakaan digital; promosi; multimedia; film animasi.

Full Text:

PDF

References


Anies Baswedan. Perkaya peran pustakawan. Pikiran Rakyat. Senin, 21 Maret 2016. Hal. 6.

Rachmawati, Tine Silvana. 2004. Faktor 4P, 3P dan 4C serta aplikasinya dalam kegiatan pemasaran perpustakaan (library marketing). BACA vol. 28 no.1 Juni 2004. Hal. 40-49.

SKKNI. 2012. Indonesia. Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI No. 83 Tahun 2012 tentang Penetapan Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia sektor jasa kemasyarakatan, sosial budaya, hiburan dan perorangan lainnya bidang perpustakaan menjadi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Seminar, Kudang B. 2004. Manajemen layanan perpustakaan dengan dokumen multimedia. Jurnal Pustakawan Indonesia. Vol. 4 no. 1. Hal. 12-21.

Sumiati, Opong. 2014. Kompetensi pustakawan pengelola sumber elektronik. Media pustakawan. Vol. 21 no. 1. Hal. 1

Sutarsyah. 2015. Pemasyarakatan perpustakaan dokumentasi dan informasi dengan mendekatkan layanan perpustakaan pada pengguna: studi kasus Perpustakaan Kebun Raya Bogor-LIPI. Visipustaka, vol. 17 no. 3. Hal. 179-189.

Suwahyono, Nurasih, 2000. Mempersiapkan sumberdaya manusia bidang dokinfo memasuki abad informasi. BACA. vol. 25, no.1-2.




DOI: https://doi.org/10.37014/medpus.v23i2.847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Media Pustakawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright Jurnal Media Pustakawan (e-ISSN:2685-3396), p-ISSN:0852-9248).