Kajian Penggunaan Daftar Tajuk Subjek Perpustakaan Nasional Studi Kasus di Bidang Pengolahan Bahan Pustaka

Mariana Ginting, R. Deffi Kurniawati, Triani Rachmawati

Abstract


Informasi koleksi perpustakaan yang ada di sebuah perpustakaan dapat dicari melalui katalog pengarang, subjek, atau judul. Penggunaan tajuk subjek pada katalog sangat penting untuk membantu pencarian suatu topik atau disiplin ilmu tertentu yang dimiliki perpustakaan. Salah satu daftar tajuk subjek yang digunakan dalam menentukan subjek suatu koleksi perpustakaan adalah Daftar Tajuk Subjek Perpustakaan Nasional. Daftar Tajuk Subjek Perpustakaan Nasional terdiri dari dua bentuk, yang bernotasi, yaitu Daftar Tajuk Subjek Perpustakaan Nasional edisi revisi yang terbit pada tahun 2002, dan yang tanpa notasi, yaitu Daftar Tajuk Subjek Perpustakaan Nasional yang terbit tahun 2011 yang merupakan akumulasi dari daftar tajuk subjek sebelumnya beserta suplemennya. Terbitnya  Daftar Tajuk Subjek Perpustakaan Nasional yang tanpa notasi menimbulkan tanggapan yang beraneka ragam, salah satunya adalah permintaan untuk kembali mencantumkan notasi pada daftar tajuk subjek, karena dapat memudahkan dalam menentukan nomor klas. Hal tersebut yang melatarbelakangi dibuatnya kajian “Penggunaan Pedoman Tajuk Subjek Perpustakaan Nasional” untuk mengetahui seberapa banyak pustakawan yang menginginkan daftar tajuk subjek yang bernotasi dan seberapa banyak pustakawan yang menginginkan daftar tajuk subjek tanpa notasi. Hasil kajian ini diharapkan bermanfaat dalam (1) pengambilan kebijakan untuk merevisi daftar tajuk subjek dan (2) mengkaji kembali penerbitan daftar tajuk subjek. Sampel dalam kajian ini adalah pustakawan di Bidang Pengolahan Bahan Pustaka dan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angket. Berdasarkan hasil kajian diperoleh bahwa sebagian besar responden (57.14%) sangat sering menggunakan Daftar Tajuk Subjek Perpustakaan Nasional bernotasi dan  (39.8%) sering menggunakan Daftar Tajuk Subjek Perpustakaan Nasional. Saran pengguna untuk kedepannya Daftar Tajuk Subjek Perpustakaan Nasional dilengkapi dengan notasi (42.86 %) dan juga sebanyak (39.28 %) responden menyarankan bahwa Daftar Tajuk Subjek Perpustakaan Nasional dengan suplemen dan bernotasi.

Keywords


Notasi; Daftar Tajuk Subjek

Full Text:

PDF

References


Kasmadi dan Nia Siti Sunariah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Lasa Hs. 1998. Kamus Istilah Perpustakaan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Miller, Joseph, 2004. Sears List of Subject Headings. 18th ed. New York: The H.W. Wilson Company.

Perpustakaan Nasional. 2002. Daftar Tajuk Subjek Perpustakaan Nasional. Edisi revisi. Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Perpustakaan Nasional. 2011. Daftar Tajuk Subjek Perpustakaan Nasional. Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Ricki Hendriyana. 2012. Penggunaan Sistem Klasifikasi Antara System Klasifikasi the National Technical Information Service dan Dewey Decimal Classification. Visi Pustaka 14 (3).

Suharyanto. 2014. Glosarium istilah perpustakaan. Kediri: Fam Publishing.

Sulistyo Basuki. 2010. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tairas, J.N.B. dan Soekarman K. 1996. Daftar Tajuk Subjek Untuk Perpustakaan: Edisi ringkas. Jakarta: Gunung Mulia.

-------. 2010. Buku Kerja Penggunaan DDC Edisi 22 (Tugas Akhir Mata Kuliah Dasar-Dasar Klasifikasi). http://kenretno.blogspot.com. Diunduh 26 Januari 2015.

-------. 2013. Fungsi dan Tujuan Tajuk Subjek. www. psychologymania.com. Diunduh 26 Januari 2015

-------. 2013. Pengertian tajuk subjek. http://www. psychologymania.com. Diunduh 26 Januari 2015

-------. 2013. Pentingnya Tajuk Subjek dalam Temu Kembali Informasi di Perpustakaan. http://alfianaflah.blogspot.com. Diunduh 26 Januari 2015

https://sulistyobasuki.wordpress.com/2014/03/30/ kajian-atas-tiga-tajuk-subjek-terbitan-indonesiatentang-topik-islam-serta-kaitannya-dengankeperluan-perpustakaan-sekolah-dan-madrasah/. Diunduh 25 Februari 2015

http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&d b=lih&AN=33424054&site=ehost-live. Diunduh 22 April 2015




DOI: https://doi.org/10.37014/medpus.v23i1.840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Media Pustakawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright Jurnal Media Pustakawan (e-ISSN:2685-3396), p-ISSN:0852-9248).