Layanan Referensi Digital Perpustakaan Lembaga Penelitian: Strategi yang dibangun Pustakawan

Authors

  • Hariyah Hariyah Balitbangdiklat Kementerian Agama

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v23i1.839

Keywords:

Pustakawan Rujukan, Layanan Referensi, Lembaga Penelitian

Abstract

Tulisan ini memaparkan bagaimana layanan referensi pada sebuah perpustakaan lembaga penelitian. Pengguna dengan beragam karakter dari unsur peneliti memiliki cara tersendiri dalam memenuhi kebutuhan informasinya. Apakah kebutuhan informasi mereka terpenuhi oleh perpustakaan atau tidak? Perpustakaan perlu melakukan suatu strategi layanan referensi dalam mengenalkan jasa-jasa yang diberikan dan hal ini wajib digali lagi oleh pustakawan. Layanan referensi diharapkan mampu menghadirkan jasa-jasa yang menunjang keberhasilan penelitian-penelitan yang dilakukan penggunanya. Tulisan ini adalah sebuah studi kepustakaan mengenai bagaimana pustakawan layanan referensi digital bersinergi dengan perkembangan teknologi yang ada untuk menghasilkan layanan yang terbaik bagi penggunanya, bahkan mampu menjangkau populasi penggunanya secara global. Pustakawan layanan referensi pada akhirnya menjadi ujung tombak keberhasilan layanan ini.

References

Cassell, Kay Ann & Hiremath, Uma. (2009). Reference Information Services in the 21st Century: an introduction. London: Facet Publishing.

Khan, N. A., & Ashraf, M. (2012). Digital Reference Service: Concept, Development and Models. Diakses 7 Februari dari <http://works.bepress.com/nadim_khan/10>

Prastowo, Bambang. (2013). Makalah: Harapan Terhadap Perpustakaan dalam Mendukung Penelitian dan Pengembangan.

RUSA (The Reference and User Service Association). (2003). Professional Competencies for Reference and and user service. Diakses 7 Februari 2016 dari <http://www.ala.org/rusa/resources/guidelines/professional>

Soekarno, Puji. (2012). "Pustakawan Rujukan Sebagai intermediary". Diakses 7 Februari 2016 dari <http://pujiword.wordpress.com/2008/12/09/pustakawan-rujukansebagai-intermediary-kasus-indonesia/>

Berube, Linda. (2003). Digital Reference Overview. Diakses 7 Februari 2016 dari http://www.ukoln.ac.uk/public/ nsptg/virtual/

Wasik, Joann M. (1999). Building and Maintaining Digital Reference Services. Diakses 7 Februari 2016 dari <http://www.ericdigests.org/1999-4/digital.htm>

Downloads

Published

2020-03-31

How to Cite

Hariyah, H. (2020). Layanan Referensi Digital Perpustakaan Lembaga Penelitian: Strategi yang dibangun Pustakawan. Media Pustakawan, 23(1), 31–37. https://doi.org/10.37014/medpus.v23i1.839

Issue

Section

Articles