Gaya Komunikasi Pustakawan Terhadap Pengguna Jasa Layanan Perpustakaan

Authors

  • Sri Endah Pertiwi Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v18i4.831

Keywords:

komunikasi pustakawan, kegiatan membaca, pustakawan dan pemusta

Abstract

Artikel ini membahas mengenai gaya komunikasi pustakawan terhadap pemustaka dengan focus pada komunikasi interpersonal, yaitu komunikasi antara dua orang atau lebih di mana pustakawan bertindak sebagai komunikator dan mahasiswa sebagai komunikan dan keduanya saling bertukar pesan dalam suatu komunikasi yang efektif. Pustakawan adalah orang yang ahli dalam bidang perpustakaan (Sudjatmoko, 1992 : 142). Pustakawan menggunakan komunikasi formal dan komunikasi non formal dalam berinteraksi dengan mahasiswa. Komunikasi formal adalah komunikasi yang terjadi di antara para anggota organisasi yang secara tegas diatur oleh struktur  organisasi. Komunikasi informal yaitu komunikasi yang dilakukan bila komunikasi formal  mengalami kemacetan atau buntu. Kegiatan membaca adalah suatu perilaku mahasiswa yang dapat diamati oleh orang lain yang terjadi dalam waktu tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif dengan menggunakan metode survey. Penelitian explanation berusaha untuk menjelaskan sebab akibat yang ada diantara fenomena-fenomena yang dipelajari, dalam hal ini antara gaya komunikator dengan kegiatan membaca mahasiswa. Kegiatan ini berlangsung terus menerus selama jam pelayanan UPT Perpustakaan yaitu pukul 08.00 s/d 16.00 WIB. Kegiatan membaca mahasiswa akan diukur dalam fase­fase tertentu yaitu jumlah kunjungan dalam satu bulan, jumlah buku yang dibaca, jenis buku yang dimanfaatkan, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membaca buku tersebut dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara gaya komunikasi pustakawan dengan kegiatan membaca mahasiswa.

References

Cangara, H. 2000. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

De Vito, J.A. 1996. Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Professional Books.

Effendy, O.U. 1986. Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Loekmono, L. 1985. Saling Menolong Antar Mahasiswa. Semarang: Satya Wacana.

Lunandi, A.G. 1987. Komunikasi Mengena: Meningkatkan efektifitas komunikasi antar pribadi. Yogyakarta: Kanisius.

Norton, R. 1983. Communicator Style: Theory, Applications And Measures. Beverly Hills: Sage Publications.

Siahaan, A.M. 1991. Komunikasi: Pemahaman Dan Penerapannya. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Soedarso. 1993. Sistem Membaca Cepat Dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sulistyo-Basuki. 1992. Teknik dan Jasa Dokumentasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sumardji, P. 1992. Pelayanan Referensi Di Perpustakaan. Yogyakarta: Kanisius.

Supratiknya, A. 1995. Komunikasi Antar Pribadi: Tinjauan Psikologis. Yogyakarta: Kanisius.

Widjaja, H.A.W. 2000. Ilmu Komunikas : Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta.

Yusuf, P.M. 1995. Pedoman Praktis Mencari Informasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2020-03-27

How to Cite

Pertiwi, S. E. (2020). Gaya Komunikasi Pustakawan Terhadap Pengguna Jasa Layanan Perpustakaan. Media Pustakawan, 18(4), 47–52. https://doi.org/10.37014/medpus.v18i4.831

Issue

Section

Articles