kompetensi dan sertifikasi pustakawan: ditinjau dari kesiapan dunia pendidikan ilmu perpustakaan

Authors

  • Ninis Agustini Damayani Unversitas Padjajaran

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v18i3.826

Keywords:

kompetensi pustakawan, pendidikan ilmu perpustakaan, sertifikasi pustakawan

Abstract

Globalisasi di awal millennium ini ditandai dengan keterhubungan antar manusia di negara yang berbeda dalam sebuah jaringan (online) atau konvenrgensi antara komputer pribadi, di mana setiap individu dapat menjadi komunikator sekaligus komunikate tanpa menghiraukan jarak antara mereka sehingga memungkinkan mengerjakan sebuah materi digital secara bersamaan. Hal ini mengakibatkan muncul banyak informasi yang tentu saja sangat beragam. Banyaknya informasi tersebut menghasilkan sebuah ledakan informasi sehingga dibutuhkan seseorang yang dapat mengelola informasi, menentukan informasi yang dibutuhkan, menyeleksi, mengorganisasikan informasi, menyebarkan dan melestarikannya. Profesi yang menjalankan hal tersebut adalah pustakawan, sehingga peran Penyelenggara Pendidikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi menjadi penting karena merupakan “penghasil†pustakawan.  Kompetensi pustakawan meliputi kompetensi mengumpulkan informasi (collection information), processing information, disseminating of information, preserving of information. Penyelenggara Pendidikan Ilmu Informasi dan Perpustakaan memiliki peran besar untuk menghasilkan pustakawan­pustakawan yang memi liki kompetensi yang sanggup menjawab tantangan dan persaingan global. Namun tak kalah penting tangan­tangan dingin dan pengalaman para pustakawan senior di tempat mereka bekerja akan melengkapi pengetahuan, keterampilan, serta sikap perilaku mereka agar  sesuai standar yang ditetapkan. Penyelenggara Pendi dikan Ilmu Informasi dan Perpustakaan di Indonesia berjumlah lebih kurang 23 dan terdiri dari jenjang D3, S1, dan S2.  Meski masing­masing Program Studi Ilmu Pepustakaan ini tidak berada pada Fakultas yang sama, seperti JIIP UNPAD dibawah FIKOM, sedang JIIP UI dibawah FIB dll, namun perbedaan tersebut justru merupakan nilai tambah bagi masing­masing PRODI yang akan memberi warna  khas pada lulusannya.

References

Friedman, T L. 2006. The World is Flat: Sejarah Ringkas Abad Ke-21. (Terjemahan). Jakarta: Dian Rakyat.

Roberts, S. and Rowley, J. 2004. Managing Information Services. London: Facet.

Rubin, Richard E. 2004. Foundations of Library and Information Science. 2d.ed. New York: Neal­Schuman.

Stueart, R D. and Moran, B B. 2002. Library and Information Center Management. 6th.ed. Westport: Greenwood.

Totterdell, A. 2005. Library and Information Work. London: Facet.

Damayani, N A. 2011. Komunitas Literer Bandung: Studi Fenomenologi pada Individu yang Terlibat dalam Pergerakan Literasi Informasi. Disertasi Program Pasca Sarjana Universitas Padjadjaran.

Perpustakaan Nasional RI. 2007. Undang­Undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

*)

Downloads

Published

2020-03-27

How to Cite

Damayani, N. A. (2020). kompetensi dan sertifikasi pustakawan: ditinjau dari kesiapan dunia pendidikan ilmu perpustakaan. Media Pustakawan, 18(3), 15–18. https://doi.org/10.37014/medpus.v18i3.826

Issue

Section

Articles