Komunikasi Nonverbal Sebagai Uoaya Optimalisasi Layanan Perpustakaan

Authors

  • Noorika Retno Widuri Pusat Penelitian Fisika LIPI

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v22i2.820

Keywords:

komunikasi nonverbal, layanan perpustakaan, pustakawan, pemustaka.

Abstract

Berbagai fakta penelitian mengenai komunikasi nonverbal mengungkapkan betapa komunikasi ini memegang peranan penting dalam sebuah proses komunikasi. Kekuatannya mampu mengubah citra/image sebuah perpustakaan. Komunikasi nonverbal merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai keberhasilan dalam layanan prima. Tulisan ini menjabarkan berbagai jenis komunikasi nonverbal yang berlangsung di perpustakaan. Dalam keseharian kegiatan pustakawan yang berinteraksi dengan pemustaka setidaknya ada 10 macam bentuk komunikasi nonverbal yaitu bahasa tubuh, ruang, surat, aroma dan musik, waktu, dokumen perpustakaan, alat bantu pelayanan perpustakaan, nada dan volume suara dan wilayah. Pada bagian akhir tulisan ini, disampaikan beberapa metode atau cara untuk memperbaiki komunikasi nonverbal.

References

Afiff, H. F. (2004, mei 24). Retrieved januari 28, 2015, from http://sbm.binus.ac.id/2014/05/24/mencermati-makna-komunikasi-verbal-non-verbaldan-empati-dalam-organisasi-bagian-1/: http://sbm.

binus.ac.id

Damayani, N. A. (2005). Interpersonal Skill dalam pelayanan perpustakaan. Pustaha: Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi vol. 1(1), 23-27.

Fatmawati, E. (2010). Pentingnya komunikasi nonverbal saat pustakawan melayani pemustaka. Buletin Sangkakala edisi kedelapan, 10-14.

Harun, H. R. (2002). Komunikasi Nonverbal dalam proses pelatihan. Mediator vol. 3(2), 305 - 308.

Lasa Hs, (2010). Pengembangan Potensi diri Pustakawan melalui keterampilan berkomunikasi. Buletin Sangkakala edisi kesembilan, 4-9.

Marshall, J., Moulton, L., & Piccoli, R. (2003). Kompetensi pustakawan khusus di abad ke 21. BACA vol. 27(2) , 1-8.

Nurrohim, H., & Anatan, L. (2009). Efektivitas komunikasi dalam organisasi. Jurnal manajemen vol. 7 no. 4 , 1-9.

Pertiwi, S. E. (2011). Gaya komunikasi pustakawan terhadap pengguna jasa layanan perpustakaan. Media Pustakawan vol. 18 (3&4) , 50-55.

Rizky, M. S. (2012). Pakaian sebagai komunikasi. Salatiga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Satya Wacana.

Rofiq, M. N. (2010). Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dalam pengajaran pendidikan agama islam. Jurnal Falasifa vol. 1(1) , 14 hlm.

Setiati, Y. (2007). Bahasa Tubuh Sebagai komunikasi non verbal. Jatinangor: FIKOM UNPAD.

Syahrial, E. (2005). USU Repository. Retrieved januari 27, 2015, from http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/15334/1/ikm-des2005-%20(10).pdf

Yunus. (2007). Gambaran pustakawan ideal: cerdas, luwes dan suka menolong. Media Pustakawan vol. 14 (2), 27-32.

Downloads

Published

2020-04-01

How to Cite

Widuri, N. R. (2020). Komunikasi Nonverbal Sebagai Uoaya Optimalisasi Layanan Perpustakaan. Media Pustakawan, 22(2), 6–11. https://doi.org/10.37014/medpus.v22i2.820

Issue

Section

Articles