Peran Pustakawan Sekolah Menyongsong Kurikulum 2013

Authors

  • Mujiati Mujiati Universitas STAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.37014/medpus.v21i3%20&%204.816

Keywords:

Perpustakaan Sekolah, Peran pustakawan, kurikulum 2013

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kelanjutan dari kurikulum 2004 yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu, sehingga siswa memiliki kompetensi unggul dalam sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang seimbang dan memiliki wawasan yang luas. Kurikulum ini disiapkan untuk mencetak generasi handal yang siap di dalam menghadapi persaingan global. Karena itu kurikulum ini disusun agar siswa aktif, inovatif, kreatif dan menarik dengan menggunakan pendekatan ilmiah (science approach) yang bertujuan untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan /mempresentasikan, apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran. Adapun obyek yang menjadi pembelajaran dalam penataan dan penyempurnaan kurikulum 2013 menekankan pada fenomena alam, sosial, seni, dan budaya yang. untuk dapat mewujudkan hal itu, maka peran aktif dan kreatif dari pustakawan dalam membimbing siswa menelusuri informasi sangat penting, karena pembelajaran model tersebut tidak hanya di ruang kelas namun di tempat lain terutama perpustakaan.

References

Darmono. ( 2001). Manajemen Dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana

Hernawan, Asep Herry . (2014) Pengembangan model pembelajaran Tematik di kelas awal sekolah dasar, Bandung. Diambil pada 17 September 2014 dari http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/196202071987031ASEP_HERRY_HERNAWAN/Karya_Ilmiah/MODEL_PEMBELAJARAN_TEMATIK- Seminar_Kuningan.pdf mohon disertakan di dalam tulisan, kutipan yang diambil dari sumber ini, baik kutipan langsung maupun tidak langsung

Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Bahan Uji Publik Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Meuthia Septiana, Marlini. (2012). Optimalisasi Penerapan Literasi Informasi Di Perpustakaan Sma Negeri 1 Padang. Padang. Diambil dari (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=24650&val=1516&title)

Rusmana, Agus. (2008). Membangun dan mengelola Perpustakaan Sekolah yang ideal. Jatinangorïƒ mohon disertakan di dalam tulisan, kutipan yang diambil dari sumber ini, baik kutipan langsung maupun tidak langsung

Suprapto, Bonaventura. (2014). Tahun ajaran , kurikulum, dan seragam baru. Jakarta: Jawa Pos,ïƒ mohon disertakan di dalam tulisan, kutipan yang diambil dari sumber ini, baik kutipan langsung maupun tidak langsung.

Downloads

Published

2020-03-26

How to Cite

Mujiati, M. (2020). Peran Pustakawan Sekolah Menyongsong Kurikulum 2013. Media Pustakawan, 21(3 & 4), 61–68. https://doi.org/10.37014/medpus.v21i3 & 4.816